Kamis, 28 April 2022 16:20:37

Kapolri: Transportasi Laut Alternatif Kurangi Kemacetan Arus Mudik

Kapolri: Transportasi Laut Alternatif Kurangi Kemacetan Arus Mudik

Beritabatavia.com - Berita tentang Kapolri: Transportasi Laut Alternatif Kurangi Kemacetan Arus Mudik

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama dengan Forkopimda Jawa Timur meninjau Pelabuhan Tanjung Perak untuk memastikan kesiapan pengamanan ...

Kapolri: Transportasi Laut Alternatif Kurangi Kemacetan Arus Mudik Ist.
Beritabatavia.com -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama dengan Forkopimda Jawa Timur meninjau Pelabuhan Tanjung Perak untuk memastikan kesiapan pengamanan dan pelayanan arus mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2022.

"Baru saja kita melaksanakan kunjungan di Pelabuhan Tanjung Perak untuk mengecek kegiatan yang dilaksanakan di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak khususnya dalam hal pelayanan terhadap arus mudik dan nantinya arus balik," kata Sigit dalam tinjauannya, Kamis (28/4/2022).

Menurutnya,moda transportasi laut bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang melaksanakan mudik. Pasalnya, pemudik dapat terhindar sekaligus mengurangi beban kemacetan di jalur darat saat memasuki puncak arus mudik. 

"Artinya, moda angkutan laut bisa menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk melaksanakan mudik, sekaligus mengurangi potensi beban kemacetan yang di prediksi nanti malam akan terus meningkat.Ini tentunya bisa jadi pilihan bagi rekan-rekan," ujar Jenderal Sigit.

Hasil peninjauan tersebut, Kapolri Jenderal Sigit memastikan pelabuhan Tanjung Perak telah menyiapkan pelayanan yang optimal kepada seluruh masyarakat dari berbagai wilayah yang melakukan perjalanan mudik. 

"Kita lihat bahwa dari kapal-kapal yang ada, tidak hanya melayani masyarakat yang akan tinggalkan wilayah Surabaya, namun juga menerima masyarakat yang datang dari beberapa wilayah. Tadi kita cek ada dari Kalimantan, ada juga dari wilayah Ende, dari Sulawesi bahkan dari Tanjung Priok dan pelabuhan Semarang ada juga," tuturnya.

kapolri

Foto : Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tinjau kesiapan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis 28/4/2022

Alumni AKPOL 1991 itu juga mengapresiasi seluruh stakeholder terkait aturan yang mewajibkan para pemudik atau penumpang kapal untuk melakukan vaksinasi dosis III atau booster. Upaya yang sangat penting untuk tetap melakukan pengendalian Pandemi Covid-19, yang saat ini masih berlangsung.

Otoritas di Pelabuhan Tanjung Perak, kata Sigit juga telah menyiapkan gerai-gerai vaksinasi yang bisa dimanfaatkan oleh para pemudik untuk mendapatkan vaksinasi. Kelengkapan vaksinasi juga menjadi syarat untuk penumpang dalam membeli tiket kapal di Tanjung Perak. 

"Saya kira ini sudah bagus. Tentunya, kita harus terus menjaga agar pasca dari Idul Fitri yang biasanya tahun kemarin ada lonjakan, di tahun ini dengan adanya sistem atau persyaratan untuk booster diharapkan laju Covid-19 pasca arus mudik atau pasca Idul Fitri bisa betul-betul kita kendalikan. Karena wilayah Jawa Timur angkanya sangat bagus, 235 kasus hariannya, jauh lebih bagus dibandingkan wilayah lainnya. Ini tentunya harus dipertahankan," tegas Jenderal Sigit. 0 son

Berita Lainnya
Minggu, 17 April 2022
Minggu, 17 April 2022
Minggu, 23 Januari 2022
Selasa, 21 September 2021
Minggu, 19 September 2021
Kamis, 18 Maret 2021
Kamis, 06 Agustus 2020
Jumat, 24 April 2020
Jumat, 06 Maret 2020
Jumat, 17 Januari 2020
Kamis, 16 Januari 2020
Rabu, 15 Januari 2020