Sabtu, 16 September 2023 14:09:50

Polsek Pitu SEME'AN Bareng Petani di Area Persawahan

Polsek Pitu SEME'AN Bareng Petani di Area Persawahan

Beritabatavia.com - Berita tentang Polsek Pitu SEME'AN Bareng Petani di Area Persawahan

NGAWI,  Polres Ngawi Polda Jatim sesuai tugas pokoknya, melakukan patroli demi menjaga dan memelihara keamanan ketertiban ...

Polsek Pitu SEME'AN Bareng Petani di Area Persawahan Ist.
Beritabatavia.com - NGAWI,  Polres Ngawi Polda Jatim sesuai tugas pokoknya, melakukan patroli demi menjaga dan memelihara keamanan ketertiban masyarakat.

Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono, S.H., S.I.K., M.Si., melalui Plt Kasi Humas Iptu Dian mengatakan bahwa kali ini Polsek Pitu melaksanakan kegiatan tersebut yang dikemas dengan nama program SEME'AN guna mendorong aktivitas para petani dalam menjaga area persawahan. 

"Selain silaturahmi bersama para petani,  patroli ini bertujuan  mendorong aktivitas petani dalam menjaga produktivitas dan lingkungan persawahan," tutur Dian, pada Sabtu (16/9/2023) 

Menurut keterangan Kapolsek Pitu AKP Karno, S.H., sasaran SEME'AN kali ini di Dusun Cengklik Desa Bangunrejo Lor Kecamatan Pitu.  

"Program inovasi Polsek Pitu adalah SEME'AN yang artinya semangat mendorong  produktivitas pertanian ramah lingkungan, demi meningkatkan ketahanan pangan," jelas Karno.

Hal ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti dan mendukung program dari Kapolres Ngawi yaitu Bhatarling (Bhayangkara Pendamping Penjagaan Pertanian Ramah Lingkungan), demi menunjang ketahanan pangan di Ngawi.

Kegiatan ini diawali dengan sarapan (makan pagi) bersama para petani sebelum melakukan aktivitasnya, yang bertujuan mempererat silaturahmi dengan memberikan imbauan/arahan agat lingkungan persawahan menjadi sehat.

Imbauan dari Polsek Pitu saat SEME'AN diantaranya:
1. Secara bertahap mengurangi  penggunaan  anorganik yakni pestisida dan insektisida. 
2. Pupuk kimia dapat membunuh ekosistem yang berada di lahan pertanian; juga merusak kandungan hara  juga membunuh biota tanah.
3. Dilarang menggunakan jebakan tikus dengan aliran listrik

Saat pelaksanaan ini, para petani sangat senang bisa sarapan pagi bersama dengan Kepolisian. 

"Alhamdulillah, iso sarapan bareng pak polisi ning sawah, Suwun ya pak," ujar Gito (65) salah satu petani yang hadir dalam giat SEME'AN

Kegiatan berlangsung dengan aman dan lancar serta situasi yang kondusif. (nd*)

Berita Lainnya
Kamis, 06 Juni 2024
Rabu, 05 Juni 2024
Minggu, 02 Juni 2024
Minggu, 02 Juni 2024
Jumat, 31 Mei 2024
Jumat, 31 Mei 2024
Jumat, 31 Mei 2024
Kamis, 30 Mei 2024
Kamis, 30 Mei 2024
Rabu, 29 Mei 2024
Rabu, 29 Mei 2024
Selasa, 28 Mei 2024