Selasa, 26 September 2023 14:49:07

HUT ke-68 Lalu Lintas Bhayangkara, Polri Launching IRSMS Mobile Presisi

HUT ke-68 Lalu Lintas Bhayangkara, Polri Launching IRSMS Mobile Presisi

Beritabatavia.com - Berita tentang HUT ke-68 Lalu Lintas Bhayangkara, Polri Launching IRSMS Mobile Presisi

Tangerang - Korps Lalu Lintas (Korlantas) menggelar syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Lalu Lintas Bhayangkara. Kegiatan ini dipimpin langsung ...

HUT ke-68 Lalu Lintas Bhayangkara, Polri Launching IRSMS Mobile Presisi Ist.
Beritabatavia.com - Tangerang - Korps Lalu Lintas (Korlantas) menggelar syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Lalu Lintas Bhayangkara. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Indonesia Safety Driving Center (ISDC), Serpong, Tangerang, Banten, Senin (25/9/2023).

Dalam kesempatan ini, Korlantas Polri meluncurkan Integrated Road Safety Management System (IRSMS) Mobile Presisi yang merupakan pusat informasi guna mendata kejadian kecelakaan lalu lintas dalam satu database.

“Baru saja kita melaunching Integrated Road Safety Management System atau IRSMS Mobile Presisi. Jadi ini adalah bentuk bahwa Korlantas Polri tidak pernah berhenti dan terus bergerak untuk meningkatkan pelayanan publik,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam momen ini, Korlantas Polri juga melaunching pengembangan dari Smart City yang telah dilaksanakan di Kota Solo, Medan dan Pulau Bali. Smart City dengan pendekatan road safety policing adalah wujud kolaborasi pelayanan lalu lintas berbasis elektronik antara kepolisian dengan pemerintah daerah.

“Smart city tadinya sama-sama melihat bahwa program ini juga terus bertambah sementara ini jadi bagian dari komitmen kita untuk betul-betul bisa bersinergi mewujudkan kota yang smart,” ujar Kapolri Sigit.

Selain itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi juga menjelaskan perihal pemanfaatan PNBP Tilang. Adapun, pemanfaatan ini juga melibatkan para stakeholder seperti Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Mahkamah Agung, hingga Kejaksaan Agung.

Menurutnya, kolaborasi yang melibatkan Korlantas dan para stakeholder terkait mampu menciptakan reward dan punishment yang adil serta transparan bagi para pelaku pengendara agar tertib berlalu lintas.

“Selain itu dalam hal pemanfaatan PNBP Tilang, Polri mengucapkan terima kasih kepada Kemnterian Keuangan, khususnya Dirjen Anggaran PNBP, dimana Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung, dan Polri berkolaborasi dalam pemanfaatan PNBP Tilang yang dinamakan Kolaborasi pelayanan prima integrated criminal justice system dalam penyelesaian perjara pelanggaran lalu lintas di era 4.0,” pungkasnya.

Acara syukuran HUT ke-68 Lalu Lintas Bhayangkara diisi dengan prosesi pemotongan tumpeng serta peragaan personil pengawalan capres-cawapres menjelang masa kampanye pada Pemilu 2024 mendatang dan diakhiri dengan pertunjukan polisi cilik dari Polresta Manokwari.

Sebagai informasi, rangkaian peringatan HUT ke-68 Lalu Lintas Bhayangkara telah diisi dengan sejumlah kegiatan seperti, Anjangsana kepada para Kakorlantas terdahulu dan mantan personil hingga anggota Korlantas yang sakit menahun, bakti sosial kepada warga membutuhkan serta penyaluran air bersih bagi daerah yang terdampak bencana kekeringan.

Lebih lanjut, peringatan tahun ini juga dimeriahkan oleh beberapa perlombaan diantaranya, Fun Run, Polisi Kecil (Pocil), Puisi, Lukisan Mural, Kampung Tertib Lalu Lintas hingga pemberian apresiasi bagi personil yang berprestasi selama bertugas. Kegiatan ini juga diikuti oleh para Dirlantas Polda se-Indonesia.

Turut hadir antara lain, Wakapolri Komjen Agus Andrianto, Kabaharkam Polri Komjen Mohammad Fadil Imran, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugianto, Dirjen Bina Marga, Kementerian PUPR, Hedy Rahadian. Dirut Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, Dirjen  Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni, Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto, Plt Kepala Biro Umum Kemenkes, Dr Sumarjaya, Komisaris Independen PT PP Persero Istiono, Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo serta PJU Polri lainnya.

Berita Lainnya
Selasa, 09 April 2024
Selasa, 09 April 2024
Selasa, 09 April 2024
Selasa, 09 April 2024
Kamis, 04 April 2024
Rabu, 03 April 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Kamis, 14 Maret 2024
Kamis, 14 Maret 2024
Rabu, 13 Maret 2024
Sabtu, 09 Maret 2024
Rabu, 06 Maret 2024