Senin, 08 April 2024 11:08:08

Mudik Ceria 2024 ala Polresta Bandara Soetta "Petik" Apresiasi 

Mudik Ceria 2024 ala Polresta Bandara Soetta "Petik" Apresiasi 

Beritabatavia.com - Berita tentang Mudik Ceria 2024 ala Polresta Bandara Soetta "Petik" Apresiasi 

Pelayanan akan efektif dan memberikan efek positif bila tujuannya didasari untuk memenuhi kebutuhan,seperti proses yang dilaksanakan Polresta ...

Mudik Ceria 2024 ala Polresta Bandara Soetta Ist.
Beritabatavia.com - Pelayanan akan efektif dan memberikan efek positif bila tujuannya didasari untuk memenuhi kebutuhan,seperti proses yang dilaksanakan Polresta Bandara Soetta.

Awalnya, Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mencatat ada ratusan ribu orang mudik menggunakan pesawat terbang dari H-5 Lebaran 2024 atau Jumat (5/4), hingga Minggu (7/4). Kemudian berdasarkan data dari Angkasa Pura 2 peningkatan arus mudik dimulai sejak Jumat (5/4) totalnya mencapai 179.353 pax (penumpang),atau naik 34 persen dari tahun 2023. Sedangkan pada hari Sabtu (6/4) berjumlah 184.230 pax kemudian Minggu (7/4) berjumlah 169.661 pax. Bahkan potensi peningtakan terus terjadi ditandai dengan adanya penambahan extra flight.

Kapolresta Kombes Pol Roberto Pasaribu mengatakan berdasarkan data tahun lalu ada peningkatan jumlah penumpang mencapai 8,5 persen pada tahun 2024 ini.

"Dari dimulainya operasi Ketupat Jaya pada tanggal 3 hingga Minggu tanggal 7, animo para pemudik masih tinggi,” ujar Roberto kepada wartawan di Bandara Soetta, Minggu (7/4).

Menurut Kombes Roberto, sebelum terjadinya peningkatan arus mudik pihaknya telah menyiapkan posko pelayanan, posko pengamanan, posko pelayanan informasi dan kesehatan,hingga posko terpadu.

Tetapi untuk mengantisipasi kondisi yang terus dinamis, pada H-3 Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M Polresta Bandara bekerjasama dengan Otban Wilayah I Bandara Soetta dan Angkasa Pura II untuk menghadirkan layanan "Pos Ramah Ibu Anak Ramdhan Presisi 2024" Yakni corner di ruang tunggu boarding pesawat di Terminal 1, 2 dan 3 yang khusus diperuntukkan untuk anak dan ibu.

Kapolresta Bandara Soetta Kombes Roberto Pasaribu, menjelaskan, pos tersebut berisi tempat permainan dengan sarana melukis, menyusun mainan bongkar pasang (lego), dan juga disiapkan hiburan badut berupa Polisi sahabat anak serta makanan ringan.

“Termasuk makanan untuk berbuka puasa bagi anak-anak serta ibu yang sembari menunggu jadwal masuk ke dalam pesawat,” kata Roberto di sela-sela meninjau pos tersebut.

Alumni AKPOL 2000 ini melanjutkan, pihaknya juga mensiagakan SPKT Mobile, yakni unit mobil bergerak yang bertugas sebagai Sentara Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Untuk meningkatkan pelayanan Kepolisian Bandara Soetta, yang langsung hadir di tengah-tengah masyarakat tanpa harus datang ke kantor Polisi.

Layanan SPKT mobile tersebut diawaki langsung oleh petugas Kepolisian dengan menggunakan fasilitas kendaraan roda empat (mobil), agar mudah untuk pindah ke lokasi-lokasi pelayanan.

SPKT mobile tersebut melayani pembuatan laporan surat kehilangan dokumen, layanan pengecekan kesehatan, pengaduan dan konsultasi tindak pidana, kemudian pemberitahuan masa berlaku dan perpanjangan SKCK.

“Layanan Kepolisian ini kita fokuskan untuk membantu masyarakat yang akan mudik Ramadhan, sehingga kenyamanan di Bandara Soetta akan memberikan keceriaan dan makna yang baru dalam mudik tahun ini,” tandas Kombes Roberto. 

Sementara Wakapolresta Bandara Soetta AKBP Ronald FC  Sipayung mengatakan
Pos Ramah Ibu dan Anak Ramadhan Presisi 2024 tersebut menyediakan berbagai fasilitas yang nyaman untuk para orang tua dalam menemani anak-anaknya bermain selama menunggu boarding time.

Ronald berharap, kehadiran pos ramah ibu dan anak tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para pemudik agar tercipta mudik yang nyaman, aman serta penuh makna. Seraya menghimbau kepada pemudik bila melihat atau mengalami gangguan Kamtibmas agar segera melapor ke petugas untuk ditindaklanjuti sesuai prosedur.

Sontak para pemudik mengapresiasi Polresta Bandara Soetta yang telah menghadirkan pos ramah ibu dan anak. Menurut dia,hal tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Terima kasih kepada Polresta Bandara Soetta. Kami merasa aman dan nyaman,” kata Anton seorang pemudik warga Depok yang hendak mudik ke Pekanbaru bersama istri dan dua anak balitanya.

Anton menambahkan bahwa pesawat jurusan Pekanbaru – Riau yang ia tumpangi bersama keluarga akan take off pukul 17. 00 WIB.

Ucapan senada juga diungkapkan Saftri pemudik di terminal 1 Bandara Soetta. Dia menyebut bahwa kehadiran pos itu meninggalkan kesan yang mendalam bagi dirinya dan keluarga.

“Saya dan keluarga sangat mengapresiasi. Terima kasih kepada Polresta Bandara Soetta,” kata Safitri, seraya melihat anaknya yang sedang bermain mobil-mobilan bersama anak-anak lainnya di pos ramah ibu dan anak tersebut. 0 rls/son

Berita Lainnya
Jumat, 19 April 2024
Jumat, 19 April 2024
Jumat, 19 April 2024
Jumat, 19 April 2024
Senin, 15 April 2024
Sabtu, 13 April 2024
Kamis, 11 April 2024
Rabu, 10 April 2024
Senin, 08 April 2024
Senin, 08 April 2024
Minggu, 07 April 2024
Rabu, 03 April 2024