Selasa, 09 Agustus 2011 15:09:35

London Rusuh, PM Inggris Liburan

London Rusuh, PM Inggris Liburan

Beritabatavia.com - Berita tentang London Rusuh, PM Inggris Liburan

Kerusuhan yang terjadi di London Inggris, terus berlanjut. Di hari ketiga, kerusuhan tak urung padam, malahan kini merembet ke Kota Birmingham, yang ...

London Rusuh, PM Inggris Liburan Ist.
Beritabatavia.com - Kerusuhan yang terjadi di London Inggris, terus berlanjut. Di hari ketiga, kerusuhan tak urung padam, malahan kini merembet ke Kota Birmingham, yang terletak 120 mil (sekitar 193 km) dari London Utara.

Kerusuhan ini, memaksa Perdana Menteri (PM) David Cameron pulang lebih cepat dari liburannya di Italia. Cameron pulang untuk memimpin rapat membahas kerusuhan yang terjadi sejak Sabtu lalu, setelah aksi damai warga memprotes penembakan terhadap seorang laki-laki kulit hitam oleh polisi di Tottenham berubah menjadi kerusuhan.

Setidaknya 334 orang ditahan, dan 69 orang diduga bertanggungjawab atas kerusuhan di berbagai tempat di London selama tiga hari

Seperti dikutip dari BBC, PM Inggris itu rencananya juga akan menggelar rapat dengan Komite Darurat Pemerintah (COBR), untuk membahas kerusuhan. Ia juga dijadwalkan bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Theresa May, serta pejabat sementara Kepala Polisi Metropolitan Tim Godwin.

Cameron yang akhir pekan lalu sebenarnya tengah berlibur bersama keluarganya di Tuscany Italia, terpaksa pulang ke London lebih cepat, karena kerusuhan yang semakin meluas ke berbagai wilayah di London pada hari ketiga. Tak hanya di London, kerusuhan juga sudah merembet ke kota lainnya, seperti Liverpool dan Birmingham.

Sejumlah kebakaran juga melanda beberapa kota di Inggris. Sekitar 1.700 personil pasukan tambahan kepolisian sudah diturunkan di London, terutama di lokasi penjarahan toko dan kebakaran gedung.

Berdasarkan pemberitaan CNN.com, Selasa (9/8) para perusuh, menyerang pertokoan, yang ada di kota tersebut. Tak hanya melempari dan merusak, para perusuh juga menjarah, barang-barang yang diperdagangkan di toko tersebut.

Sebelumnya dilaporkan polisi telah menahan tiga orang dengan tuduhan percobaan pembunuhan, setelah seorang petugas polisi terluka akibat ditabrak mobil saat berupaya menghentikan penjarahan di Brent, bagian barat laut London.

Seluruh layanan publik seperti kereta di Ibukota Inggris, yang sebelumnya dihentikan akibat kerusuhan, kembali sudah dibuka. o end

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 30 Maret 2023
Minggu, 26 Februari 2023
Minggu, 19 Februari 2023
Jumat, 17 Februari 2023
Minggu, 20 November 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022
Senin, 08 Agustus 2022
Senin, 30 Mei 2022
Rabu, 27 April 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 19 April 2022
Senin, 18 April 2022