Rabu, 28 Desember 2011 12:59:54

Cagub Independen Tawarkan Harapan Baru

Cagub Independen Tawarkan Harapan Baru

Beritabatavia.com - Berita tentang Cagub Independen Tawarkan Harapan Baru

Karena kejenuhan warga ibu kota terhadap tokoh dari partai politik ...

Cagub Independen Tawarkan Harapan Baru Ist.
Beritabatavia.com - Karena kejenuhan warga ibu kota terhadap tokoh dari partai politik (parpol), sosok yang akan maju dari jalur independen menawarkan  harapan baru. Beberapa tokoh tersebut dinilai sangat berpotensi menjadi kuda hitam yang akan mengejutkan dalam pemilihan  gubernur DKI Jakarta pada Juli tahun depan.

Demikian dikatakan Dosen Ilmu Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina, Gun Gun Heryanto beberapa waktu lalu. Menurutnya, calon yang maju  dari jalur independen sebenarnya memiliki peluang.  Bahkan, sangat mungkin menjadi kuda hitam yang  mengejutkan.

Peluang itu cukup terbuka lebar. Tapi, jika para kandidat mampu memposisikan diri sebagai kandidat transformasional di tengah kandidat parpol, kata  dia.

Karena semua sudah mafhum dan sama-sama tahu, ada  semacam gejala kekecewaan yang akut di kalangan  rasional voter pada sosok-sosok atau kandidat dari  parpol. Oleh karenanya, calon independen harus memanfaatkan  jaringan di kalangan pemilih muda, swing voter dan  basis-basis pemilih potensial di kalangan menengah yang kecewa.

Independen menurut dia, berpeluang menjadi kuda hitam.  Tapi sangat tergantung pada perannya dalam  setiap tahapan pilkada. Misalnya, apakah para calon mampu memposisikan diri untuk sampai mengantongi  popular vote di kalangan akar rumput.

Hal itulah yang menjadi tugas calon independen dan tim  suksesnya. Sebab, mereka masih memiliki keterbatasan. Biasanya calon itu hanya populer di kalangan  profesional, atau kelompok kelas  menengah. Sementara itu, di kalangan bawah,  kiprahnya masih belum menonjol.

Bukan hanya itu, mereka mesti menyolidkan jaringan  komunikasi di basis-basis pemilih utama Jakarta,  termasuk hubungan fungsionalnya dengan ormas-ormas  yang menjadi basis pemilih. Selain itu, kata dia,  kesuksesan dalam pemilihan akan sangat ditentukan  publicity treatment dan kampanye yang dimiliki. O brn
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Senin, 13 Februari 2017
Sabtu, 11 Februari 2017
Jumat, 10 Februari 2017
Kamis, 09 Februari 2017
Kamis, 09 Februari 2017
Rabu, 08 Februari 2017
Selasa, 07 Februari 2017
Minggu, 05 Februari 2017
Kamis, 26 Januari 2017
Senin, 23 Januari 2017
Jumat, 20 Januari 2017
Rabu, 18 Januari 2017