Kamis, 19 Januari 2012 16:33:16

Independen Menang, Pamor Parpol Meredup

Independen Menang, Pamor Parpol Meredup

Beritabatavia.com - Berita tentang Independen Menang, Pamor Parpol Meredup

Peta politik jelang Pemiluhan Umum Kepala Daerah DKI Jakarta masih sulit di baca, mengingat komposisi calon Gubernur dan Wakil Gubernur dari jalur ...

Independen Menang, Pamor Parpol Meredup Ist.
Beritabatavia.com - Peta politik jelang Pemiluhan Umum Kepala Daerah DKI Jakarta masih sulit di baca, mengingat komposisi calon Gubernur dan Wakil Gubernur dari jalur partai politik (Parpol) maupun Independen masih terus mengalami perubahan.

Kalau Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta nanti dimenangkan calon independen. Itu bisa menjadi tanda, pamor Parpol di mata rakyat sudah hancur, kata Mathar M Kamal, Pengamat Politik dari Forum Kajian Budaya Betawi.

Hal tersebut menurut Mathar M Kamal, bukan perkiraan semata-mata, tetap berdasarkan hasil analisa dan pengakuan masyarakat dari beragam kelas.

Dasarnya masyarakat sudah geram dengan tingkah polah para politisi asal Parpol, tambah Mathar.

Harapan Mathar, calon independen bisa memenangkan Pemilukada DKI Jakarta. Dan pemenangnya, bisa memimpin DKI Jakarta, sesuai amanah rakyat, bukan amanah Parpol.

Mathar M Kamal, percaya Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang berasal dari calon independen bisa memimpin Jakarta, dengan baik, bisa menggolkan program-program yang sesuai harapan rakyat.

Ditanya berapa banyak calon independen yang akan lolos verifikasi, Mathar dengan tegas mengatakan hanya ada satu.

Syarat 408.000 dukungan foto kopi kartu tanda penduduk (KTP) itu sepintas mudah, tetapi sesungguhnya tidak, syarat tersebut berat apalagi kalau jumlah calon yang maju mencapai empat sampai lima orang, ungkap Mathar.

Maksudnya, kalau jumlah calon independen yang akan memperebutkan kursi DKI 1 dan DKI 2 mencapai empat atau lima calon berarti ada 1,63 juta sampai 2,04 juta warga atau 20 persen pemilih di DKI yang akan menyerahkan foto kopi KTP-nya ke calon independen.

Dan hal itu jelas tidak mungkin. Yang memungkinkan, hanya satu calon independen, saja, tegas Mathar.

Sebagaimana diketahui, bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dari jalur independen yang akan bersaing dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012, mencapai empat atau lima orang, bahkan bisa lebih mengingat pendaftaran belum dimulai dan masih banyak calon yang kemungkinan akan tampil.

Di antara mereka adalah, Faisal Basri - Biem Benyamin, Firman ‘Dibo Piss’ (pentolan band Slank), H Usman (Kasi Dikdas Kec Pulo­gadung Jaktim), Mayjen TNI (Purn) Hendardji Supandji, dan Komjen Pol (Purn) Noegroho Djajoesman.

Para bakal calon ini sudah ber­juang di akar rumput. Ber­modal­kan keberanian, mereka berge­rilya mencari dukungan tanpa ban­tuan partai politik. O brn
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Senin, 13 Februari 2017
Sabtu, 11 Februari 2017
Jumat, 10 Februari 2017
Kamis, 09 Februari 2017
Kamis, 09 Februari 2017
Rabu, 08 Februari 2017
Selasa, 07 Februari 2017
Minggu, 05 Februari 2017
Kamis, 26 Januari 2017
Senin, 23 Januari 2017
Jumat, 20 Januari 2017
Rabu, 18 Januari 2017