Minggu, 12 Februari 2012 20:24:43

KPUD dan Panwaslu Siap Verifikasi Cagub Independen

KPUD dan Panwaslu Siap Verifikasi Cagub Independen

Beritabatavia.com - Berita tentang KPUD dan Panwaslu Siap Verifikasi Cagub Independen

KPU Provinsi DKI Jakarta telah menerima berkas dukungan dari tiga pasang bakal cagub dan cawagub dari jalur independen untuk kemudian dilakukan ...

KPUD dan Panwaslu Siap Verifikasi Cagub Independen Ist.
Beritabatavia.com - KPU Provinsi DKI Jakarta telah menerima berkas dukungan dari tiga pasang bakal cagub dan cawagub dari jalur independen untuk kemudian dilakukan verifikasi. 3 pasang calon itu adalah Faisal Basri-Biem Benyamin, Prayitno Ramelan-Teddy Suratmadji dan pasangan Hendardji Soepandji-Achmad Riza Patria.

Terkait proses verifikasi yang akan dilakukan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta mengaku kesulitan untuk mengawasi proses verifikasi yang akan berlangsung. Terlebih, dari tiga pasang calon yang telah mendaftar, setidaknya terdapat 1,5 juta berkas yang harus diverifikasi.

Petugas yang melakukan verifikasi di lapangan akan kesulitan karena harus memverifikasi jumlah pendukung calon independen secara manual, ujar Ramdansyah, saat ditemui di Perpustakaan Nasional, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (12/2).

Dikatakannya, salah satu cara yang bisa dilakukan oleh Panwaslu untuk menekan kemungkinan adanya permainan angka pendukung saat verifikasi di tingkat kelurahan berlangsung, pihaknya akan terus meminta rekap dari tingkat provinsi, kotamadya, dan kecamatan secara keseluruhan.

Ditambahkan Ramdansyah, tidak adanya petugas Panwaslu yang diturunkan hingga tingkat kelurahan tentu akan menyulitkan pengawasan di lapangan selama proses verifikasi berlangsung. Proses verifikasi di tingkat kelurahan ini pun tergantung sumber daya manusia yang mengerjakannya. Para verifikator harus teliti membuktikan keaslian dari berkas data pendukung yang diserahkan, ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Juri Ardiantoro mengatakan, disetiap kelurahan yang ada di Jakarta diterjunkan enam orang untuk melakukan verifikasi. Pihaknya juga membuka kesempatan kepada masyarakat untuk membantu pengawasan. Masyarakat bisa ikut mengawasi, tapi dipilih yang memenuhi kriteria dan memiliki kemampuan, ujar Juri.

Ia menambahkan, pihaknya membuka seluas-luasnya hasil verifikasi kepada publik. Sehingga semuanya bisa melihat dan tidak ada keraguan. Kita akan buka seluruh prosesnya, dari Panwaslu, Parpol, masyarakat, dan semuanya, tandasnya. O brn
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Senin, 13 Februari 2017
Sabtu, 11 Februari 2017
Jumat, 10 Februari 2017
Kamis, 09 Februari 2017
Kamis, 09 Februari 2017
Rabu, 08 Februari 2017
Selasa, 07 Februari 2017
Minggu, 05 Februari 2017
Kamis, 26 Januari 2017
Senin, 23 Januari 2017
Jumat, 20 Januari 2017
Rabu, 18 Januari 2017