Selasa, 21 Februari 2012 17:23:23

Kesbangpol DKI Ikut Sibuk Menjelang Pilkada

Kesbangpol DKI Ikut Sibuk Menjelang Pilkada

Beritabatavia.com - Berita tentang Kesbangpol DKI Ikut Sibuk Menjelang Pilkada

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) DKI Jakarta juga menjadi salah satu institusi tersibuk akhir-akhir ini. Institusi pimpinan Zainal ...

Kesbangpol DKI Ikut Sibuk Menjelang Pilkada Ist.
Beritabatavia.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) DKI Jakarta juga menjadi salah satu institusi tersibuk akhir-akhir ini. Institusi pimpinan Zainal Mussapa itu harus memantau, membina dan menertibkan hampir 1.000 organisasi kemasyarakatan (ormas), organisasi kepemudaan, LSM, dan partai politik yang ada di ibu kota.

Belum lagi, ancaman gangguan keamanan yang harus bisa diantisipasi agar tidak mengacaukan proses pemilihan gubernur/wakil gubernur periode 2012-2017 tersebut. Selain itu, Bakesbangpol juga dituntut memberikan pelayanan, pembinaan, dan pengendalian perizinan atau rekomendasi di bidang kesatuan bangsa dan politik.

Kepala Bakesbangpol DKI Jakarta, Zainal Mussapa mengatakan, saat ini meski yang terdaftar hampir 1.000 ormas, organisasi kepemudaan, LSM, dan partai politik, namun hanya separuhnya saja yang aktif.

Dia menambahkan, untuk meminimalisir ormas/LSM melakukan tindakan anarkis saat berunjuk rasa atau melakukan kegiatan lain, pihaknya selalu memberikan sosialisasi terkait nilai kebangsaan dan melakukan dialog terhadap para pemimpin ormas beserta anggotanya. Kami secara rutin mengumpulkan ormas untuk diberikan pencerahan di bidang ketahanan nasional dan perluasan wawasan kebangsaan. Sehingga secara perlahan pola pikir perilaku mereka bisa berubah, katanya, Selasa (21/2).

Diungkapkannya, hingga saat ini, pihaknya belum pernah memberikan surat peringatan atau teguran kepada ormas yang terbukti melakukan tindakan kekerasan yang merugikan masyarakat dan pemerintah daerah. Karena, ketika ada ormas yang melakukan tindakan anarkis dan pelanggaran lainnya, maka Polda Metro Jaya yang akan melakukan penindakan hukum.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI, Ashraf Ali meminta, Bakesbangpol DKI untuk proaktif meredam gangguan yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Semua pihak harus dirangkul agar keamanan Jakarta tetap terjaga, terangnya.

Secara terpisah, Koordinator Presidium Himpunan Masyarakat untuk Kemanusiaan dan Keadilan (Humanika) Jakarta, M Syaiful Jihad menyayangkan keberadaan kantor Badan Kesbangpol DKI yang terpisah dari lingkungan kantor Gubernur DKI. Seperti diketahui, sejak tahun 2009 silam, kantor Bakesbangpol DKI menumpang di lantai 8 gedung Dinas Pelayanan Pajak DKI. Dengan tugas-tugas berat yang diemban Bakesbangpol, sudah sepantasnya kantor Bakesbangpol dikembalikan ke lokasi semula di lingkungan kantor Gubernur DKI. Pemindahan itu tentu akan memudahkan koordinasi dan komunikasi antar instansi terkait, kata Syaiful.

Menurut dia, sebagai salah satu think tank Pemprov DKI dalam hal keamanan dan politik, lokasi kantor yang berjauhan membuat koordinasi yang dibangun menjadi kurang efektif. Yang diurus Badan Bakesbangpol itu bukan benda mati sehingga membutuhkan penanganan serius, tegasnya. O brn
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Senin, 13 Februari 2017
Sabtu, 11 Februari 2017
Jumat, 10 Februari 2017
Kamis, 09 Februari 2017
Kamis, 09 Februari 2017
Rabu, 08 Februari 2017
Selasa, 07 Februari 2017
Minggu, 05 Februari 2017
Kamis, 26 Januari 2017
Senin, 23 Januari 2017
Jumat, 20 Januari 2017
Rabu, 18 Januari 2017