Kamis, 22 September 2016 11:40:20

Tiga Poros Kekuasaan Rebut Kursi DKI 1

Tiga Poros Kekuasaan Rebut Kursi DKI 1

Beritabatavia.com - Berita tentang Tiga Poros Kekuasaan Rebut Kursi DKI 1

Pemilihan Gubernur DKI Jakarta kian menarik. Ada tiga poros kekuatan yang menggoyang Ibu Kota, yaitu Teuku Umar, Cikeas, dan Hambalang. Poros Teuku ...

  Tiga Poros Kekuasaan Rebut Kursi DKI 1 Ist.
Beritabatavia.com - Pemilihan Gubernur DKI Jakarta kian menarik. Ada tiga poros kekuatan yang menggoyang Ibu Kota, yaitu Teuku Umar, Cikeas, dan Hambalang. Poros Teuku Umar, kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, mengusung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saifulah Hidayat. Ada empat partai yang mengusung Ahok-Djarot, yaitu PDIP, NasDem, Golkar, dan Hanura.

Empat partai pendukung Ahok-Djarot memiliki 52 kursi di DPRD DKI Jakarta. Itu artinya pendukung petahana itu hampir mayoritas di DPRD, 49% dari 106 kursi DPRD.

Dua poros lainnya, menurut rencana, hari ini akan mengumumkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Poros Cikeas, kediaman Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, tadi malam menggelar rapat. Partai yang hadir di dalam pertemuan tersebut, yakni PKB, PPP, PAN dan Demokrat.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan mengatakan keempat partai koalisi--Demokrat, PAN, PKB, dan PPP--sudah mempunyai kesepakatan dalam pengusungan kandidat. Namun, siapa nama kandidat yang akan diusung tak bisa diumumkan hari ini.

Poros Cikeas memiliki 28 kursi di DPRD DKI Jakarta. Itu artinya, mereka bisa mendukung pasangan calon karena syarat milimal 22 kursi. Akan tetapi, PPP yang memiliki 10 kursi di DPRD DKI Jakarta masih terbelit persoalan kepengurusan ganda. Bisa saja terkena diskualifikasi. Tanpa PPP, Poros Cikeas tidak bisa mengusung calon sendiri.

Karena itulah, Zulkifli mengatakan pihaknya masih harus berkomunikasi dengan koalisi yang tak pro Ahok lain, yaitu PKS dan Gerindra. Kita terus komunikasi dengan Gerindra dan PKS untuk bisa bersama-sama dalam Pilgub tahun 2017 mendatang, kata dia.

Gerindra dan PKS membentuk Poros Hambalang, kediaman Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Poros ini bisa mengusung calon sendiri karena memiliki 26 kursi di DPRD Jakarta. Kedua pihak tadi malam juga bertemu untuk mematangkan pencalonan Sandiago Uno.

Jika Poros Cikeas dan Hambalang mengajukan pasangan calon masing-masing, itu artinya ada tiga calon yang bertarung dalam Pilkada Jakarta. Karena itulah, Poros Cikeas tetap berusaha untuk merangkul Poros Hambalang. o mio











Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 14 September 2023
Rabu, 13 September 2023
Rabu, 13 September 2023
Senin, 28 Agustus 2023
Kamis, 24 Agustus 2023
Minggu, 20 Agustus 2023
Selasa, 18 April 2023
Rabu, 19 April 2017
Minggu, 16 April 2017
Sabtu, 15 April 2017
Jumat, 14 April 2017
Senin, 10 April 2017