Sabtu, 17 Juni 2017 14:05:14

Urai Kemacetan, Ditlantas Polda Metro Jaya Bentuk Tim Khusus

Urai Kemacetan, Ditlantas Polda Metro Jaya Bentuk Tim Khusus

Beritabatavia.com - Berita tentang Urai Kemacetan, Ditlantas Polda Metro Jaya Bentuk Tim Khusus

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bentuk Tim khusus Tibcarlantas (Ketertiban Kelancaran Lalu Lintas) untuk mengurai ...

 Urai Kemacetan, Ditlantas Polda Metro Jaya Bentuk Tim Khusus Ist.
Beritabatavia.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bentuk Tim khusus Tibcarlantas (Ketertiban Kelancaran Lalu Lintas) untuk mengurai kemacetan.  Personel gunakan motor agar memudahkan menuju titik kemacetan. Masalah lalu lintas di Jakarta yang menjadi perhatian serta berdampak pada seluruh aspek kehidupan adalah kemacetan, dan sampai sekarang belum mampu terselesaikan secara maksimal.

Beberapa hal yang melatarbelakangi kemacetan antara lain pertumbuhan kendaraan bermotor (ranmor) yang sangat tidak sebanding dengan pembangunan infrastruktur (perkembangan ranmor 11,26 persen dan pembangunan infrastruktur 0,01 persen), papar Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto ujar Budiyanto, Sabtu (17/6).

Diakuinya Penggunaan infrastruktur tidak pada peruntukannya masih kerap terjadi dan ini menganggu kelancaran berlalu lontas. Semisal trotoar yang seharusnya untuk pendestrian digunakan pedagang kaki lima, ojek, asongan, tempat parkir mobil, dan lainnya.

Penegakan hukum dalam rangka syok terapi kurang maksimal. Kemudian, forum lalu lintas belum dapat berfungsi sebagai wahana untuk membahas permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan secara maksimal. Integrasi para stakeholder dalam rangka menjalankan tupoksinya juga belum maksimal, bahkan dalam bidang-bidang tertentu masih kelihatan parsial, ungkapnya.

Ia menyampaikan, ada beberapa upaya atau langkah nyata yang sudah dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan baik dengan cara sederhana maupun bantuan teknologi seperti manajemen pengaturan lampu merah, e-Tilang dan sebagainnya. Namun, hasilnya pun belum maksimal.

Terinspirasi dengan perkembangan situasi yang ada, untuk mengoptimalkan kegiatan urai kemacetan telah dibentuk Tim Tibcarlantas Ditlantas Polda Metro Jaya, katanya.

Ia mengungkapkan, tim ini dilengkapi sarana mobilitas kendaraan sepeda motor bernomor polisi dinas, seragam polisi dan sarana pendukung operasional lainnya. Dan untuk memaksimalkan penugasan Tim Tibcarlantas, seluruh ruang lalu lintas dapat dilalui termasuk jalan tol, jelasnya.

Diharapkan tim ini memberikan kontribusi maksimal terhadap kegiatan urai kemacetan, sehingga tercipta situasi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas yang dinamis serta kondusif. Sehingga seluruh aktivitas manusia  berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Karena, lalu lintas memiliki dimensi pengertian yang luas berkaitan dengan urat nadi kehidupan manusia, cermin budaya, dan simbul modernitas, tandasnya.

Bagi masyarakat pengguna jalan apabila melihat atau mengalami kemacetan atau trouble spot, dapat melaporkan ke Twitter TMC dan Call Center TMC Polda Metro Jaya. o bso





Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Jumat, 10 Januari 2020
Rabu, 08 Januari 2020
Rabu, 08 Januari 2020
Selasa, 07 Januari 2020
Senin, 06 Januari 2020
Kamis, 02 Januari 2020
Selasa, 31 Desember 2019
Jumat, 27 Desember 2019
Kamis, 26 Desember 2019
Sabtu, 21 Desember 2019
Rabu, 11 Desember 2019
Jumat, 06 Desember 2019