Rabu, 16 Januari 2019 17:12:19

Tes Urine Positif Narkoba, Kapolres Empat Lawang Dicopot

Tes Urine Positif Narkoba, Kapolres Empat Lawang Dicopot

Beritabatavia.com - Berita tentang Tes Urine Positif Narkoba, Kapolres Empat Lawang Dicopot

Polda Sumetara Selatan (Sumsel) menggelar tes urine bagi seluruh jajaran wilayah Sumsel, pada Jumat (11/1). Pemeriksaan ini dipimpin langsung Kapolda ...

 Tes Urine Positif Narkoba, Kapolres Empat Lawang Dicopot Ist.
Beritabatavia.com - Polda Sumetara Selatan (Sumsel) menggelar tes urine bagi seluruh jajaran wilayah Sumsel, pada Jumat (11/1). Pemeriksaan ini dipimpin langsung Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara. Hasil pemeriksaan secara mengejutkan urine AKBP Agus Setyawan, Kapolres Empat Lawang dinyatakan positif mengandung amfetamin. Setelah dinyatakan positif, ia lalu menjalani pemeriksaan di Bidang Propam Polda Sumsel.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara menegaskan hasil pemeriksaan laboratorium forensik, urine Kapolres Empat Lawang AKBP Agus Setyawan dinyatakan positif mengandung narkoba jenis sabu dan ekstasi. Sudah dinyatakan positif menggunakan sabu dan ekstasi. Itu terlihat dari hasil tes urine Kapolres Empat Lawang, kata Zulkarnain, Rabu (16/1/2019).

Saat itu juga AKBP Agus dicopot dari jabatannya berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/118/I/KEP/2019 tertanggal 15 Januari 2019 yang ditandatangani oleh As SDM Polri Irjen Pol Eko Indra Heri S atas nama Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

AKBP Agus Setyawan dalam surat tersebut digantikan oleh AKBP Eko Yudi Karyanto yang sebelumnya menjabat Kaden B Pelopor Satbrimob Polda Sumsel. AKBP Agus dimutasikan ke Polda Sumsel untuk menjalani proses hukum terkait urinenya yang positif narkoba.

Kapolda Zulkarnain menjelaskan, tak ada pandang bulu dalam instansi kepolisian untuk memberantas narkoba. Walaupun hal itu melibatkan kepala satuan wilayah.

Ini pertanda, bagi anggota seluruhnya, bukan hanya perwira, semuanya juga jika ketahuan menggunakan narkoba akan ditindak tegas. Anggota jangan main-main dengan narkoba. Bagaimana kita menyikat peredaran narkoba kalau polisinya juga ternyata pemakai, ujarnya.

Pemeriksaan urine terhadap anggota polisi, dilakukan secara terus menerus selama tiga bulan sekali. Pengecekan untuk mengantisipasi para anggota Polri yang menggunakan narkoba. Polisi ibarat sapu di pekarangan. Bagaimana kami bisa menyikat narkoba begini, kalau sapunya kotor. Aparat dan petugas harus bersih. Jadi ketika mereka sudah terindikasi akan sulit memberantas narkoba, jelasnya.

Kapolda Sumsel menyambut baik tindakan tegas dari Kapolri dengan mencopot jabatan Kapolres Empat Lawang. Ia pun mengimbau kepada seluruh jajaran agar tidak main-main dalam penyalahgunaan narkoba.

Dengan pencopotan jabatan AKBP Agus, Zulkarnain berharap agar kasus ini dijadikan pelajaran bagi seluruh anggota Polri yang lain.
Ini jadi contoh, jangan main-main dengan narkoba. Walaupun kapolres, pasti ditindak tegas, tegasnya.

Dikatakan, Polisi ibarat sapu di pekarangan. Bagaimana kami bisa menyikat narkoba begini, kalau sapunya kotor. Aparat dan petugas harus bersih. Jadi ketika mereka sudah terindikasi,akan sulit memberantas narkoba," jelasnya. 0 ERZ





Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Sabtu, 21 Maret 2020
Jumat, 20 Maret 2020
Kamis, 19 Maret 2020
Sabtu, 14 Maret 2020
Kamis, 12 Maret 2020
Minggu, 08 Maret 2020
Kamis, 05 Maret 2020
Jumat, 21 Februari 2020
Minggu, 16 Februari 2020
Selasa, 11 Februari 2020
Sabtu, 08 Februari 2020
Selasa, 04 Februari 2020