Jumat, 08 Mei 2020 12:45:51

Komjen Agus Andrianto Imbau Warga Gunakan Mata Hati Lawan Virus Corona

Komjen Agus Andrianto Imbau Warga Gunakan Mata Hati Lawan Virus Corona

Beritabatavia.com - Berita tentang Komjen Agus Andrianto Imbau Warga Gunakan Mata Hati Lawan Virus Corona

Wabah virus corona atau covid-19 menjadi ujian tertinggi bagi bangsa Indonesia, sehingga dibutuhkan sinergi semua pihak sesuai dengan kemampuan ...

Komjen Agus Andrianto Imbau Warga Gunakan Mata Hati Lawan Virus Corona Ist.
Beritabatavia.com -

Wabah virus corona atau covid-19 menjadi ujian tertinggi bagi bangsa Indonesia, sehingga dibutuhkan sinergi semua pihak sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki.
Polri mengambil bagian serius untuk membantu pemerintah dan seluruh masyarakat melakukan pencegahan penyebaran dan penularan covid-19. Ditandai dengan pembentukan gugus tugas Aman Nusa II, dan Kapolri Jenderal Idham Aziz menunjuk Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto sebagai Kaopsus Aman Nusa II.

Perwira tinggi lulusan AKPOL 1989, Komjen Agus Andrianto langsung mengiventarisir jajaran Polri di seluruh wilayah. Kemudian bergerak cepat melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19, BNPB,TNI dan pemerintah daerah serta semua pihak yang terlibat menangani wabah covid-19. Dilanjutkan dengan operasi terpusat kontijensi Aman Nusa II.

Komjen Agus Andrianto memastikan seluruh jajarannya untuk memetakan wilayah rawan penyebaran virus COVID-19. Kemudian  mengimbau masyarakat membatasi diri dari interaksi sosial, keramaian, hingga kegiatan keagamaan. Seraya meningkatkan intensitas patroli di wilayah rawan penyebaran.

Kaopsus Aman Nusa II, Komjen Agus Andrianto memerintahkan seluruh jajarannya untuk melakukan pengawasan dengan menggunakan alat ukur suhu panas tubuh, sterilisasi , penyemprotan disinfektan , dan pengamanan di lokasi rawan.

“Seluruh aparat didaerah tidak boleh ragu-ragu melakukan tindakan untuk mencegah penyebaran dan penularan covid-19,” kata Komjen Agus Andrianto. Serta menindak pelaku kejahatan penjarahan, perampokan, pencurian dan lain-lain, tindak pelaku penimbun bahan makanan dan kesehatan, tambahnya.

Mantan Kapolda Sumatera Utara itu menjelaskan, sejak awal wabah covid-19 angka kejahatan secara umum menurun hingga 20 persen. Meskipun ada peningkatan pada jenis kejahatan tertentu seperti tindak pidana curas, hoaks dan beberapa jenis kejahatan lainnya.

“Polri terus meningkatkan patroli untuk memberikan rasa aman masyarakat,” tegas Komjen Agus Andrianto.

Terkait pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Kaopsus Aman Nusa II, Komjen Agus Andrianto mengatakan Polri mendukung sepenuhnya. Polri terus menggiatkan imbauan dan anjuran dengan  langkah persuasive untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar displin dan taat melaksanakan imbauan pemerintah.

Komjen Agus Andrianto, menjelaskan, wabah virus corona atau covid-19 menimbulkan dampak luas, bukan hanya soal kesehatan. Tetapi, hampir semua sektor kehidupan sosial dan ekonomi terkena dampak. Namun, kehidupan tidak boleh berhenti harus terus berjalan,  ekonomi juga harus berjalan. Secara umum wabah covid-19 sangat mengganggu  pertumbuhan ekonomi makro bahkan sudah tidak berjalan. Maka ekonomi mikro satu satunya yang harus diupayakan terus bisa berlangsung.

“Diperlukan sikap yang benar-benar bisa memahami bahwa sebelum obat atau vaksin nya ditemukan. Kita semua harus berupaya untuk berdamai agar dapat hidup bersama virus,” ujar Komjen Agus Andrianto.

Tetapi, tegasnya, perdamaian untuk hidup bersama itu harus tetap menaati ketentuan protokol kesehatan penanganan covid-19. PSBB dan larangan mudik serta imbauan stay at home, work from home dan sosial disntancing dan physical distancing serta mencuci tangan merupakan langkah efektif untuk mencegah penyebaran dan penularan covid-19.
Opsus Aman Nusa II Polri untuk memastikan setiap orang dapat memenuhi kebutuhan hidup agar kehidupan terus berjalan. Tetapi harus  dengan displin menaati semua  ketentuan protokol kesehatan. Komjen Agus Andrianto menjelaskan, virus corona atau covid-19 tidak dapat dilihat secara kasat mata. Maka diperlukan mata hati untuk terhindar dari ancaman virus covid-19.

“ Buka mata hati untuk menaati protokol kesehatan dan imbauan pemerintah, agar tidak tertular covid-19,” ujarnya.

Tim ahli KA Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Suryo Pratomo, mengatakan Polri telah berbuat maksimal membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran dan penularan covid-19. Dia mengaku, tindakan dan bantuan Polri sangat signifikan terhadap upaya memerangi covid-19.
Suryo Pratomo mengingatkan, dirumah saja bukan melarang atau mengekang kebebasan. Tetapi kalau dilihat dengan mata hati tetap dirumah adalah untuk menyelamatkan dari virus covid-19. O son

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Sabtu, 28 Maret 2020
Sabtu, 21 Maret 2020
Jumat, 20 Maret 2020
Kamis, 19 Maret 2020
Sabtu, 14 Maret 2020
Kamis, 12 Maret 2020
Minggu, 08 Maret 2020
Kamis, 05 Maret 2020
Jumat, 21 Februari 2020
Minggu, 16 Februari 2020
Selasa, 11 Februari 2020
Sabtu, 08 Februari 2020