Jumat, 07 Juni 2024 22:50:10

Resmi Tutup TMMD ke-120, Kasad Apresiasi Peran Serta Tiga Pilar Tanah Bumbu

Resmi Tutup TMMD ke-120, Kasad Apresiasi Peran Serta Tiga Pilar Tanah Bumbu

Beritabatavia.com - Berita tentang Resmi Tutup TMMD ke-120, Kasad Apresiasi Peran Serta Tiga Pilar Tanah Bumbu

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak secara resmi menutup kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ...

Resmi Tutup TMMD ke-120, Kasad Apresiasi Peran Serta Tiga Pilar Tanah Bumbu Ist.
Beritabatavia.com - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak secara resmi menutup kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 wilayah Kodim 1022/Tanah Bumbu, yang dilaksanakan, di lapangan Desa Karengrejo, Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Jumat (7/6/2024).

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengapresiasi seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Satgas TMMD ke 120 Kodim 1022/Tanah Bumbu yang berlangsung selama satu bulan dan dinilainya telah sesuai dengan kebutuhan pokok masyarakat, yaitu pembangunan akses jalan yang dapat meningkatkan perekonomian, akses air bersih, rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), serta penyediaan sanitasi (MCK). Dia berharap hasil TMMD ke-120 di wilayah ini dapat digunakan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat dalam jangka waktu lama.

"Atas pelaksanaan TMMD ini saya selaku penanggung jawab operasional TMMD, mengucapkan terimakasih, dan mengapresiasi pemerintah daerah provinsi dan kabupaten yang telah mendukung program ini, sehingga dapat terselenggara dengan aman, tertib, lancar, dan tepat waktu," ujar Maruli dalam sambutannya.

Ia juga menegaskan bahwa dirinya telah mengimbau kepada pemerintah daerah untuk dapat memanfaatkan program TMMD ini secara kontinyu dengan (dukungan anggaran) yang terus meningkat. Karena selain pelaksanaan pembangunan bisa dicapai dengan biaya yang lebih ekonomis, TMMD juga mampu menjangkau wilayah-wilayah terpencil, terisolir dan wilayah perbatasan.

Maruli menambahkan, selain program TMMD, TNI AD juga melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk terus membantu pemerintah daerah dan membantu kesulitan masyarakat melalui kegiatan Karya Bakti.

Ia berharap, Tanah Bumbu dengan Program TMMD dan Karya Bakti, seperti akses air bersih dapat menjadi contoh, sehingga tidak ada lagi tempat yang masyarakatnya kekurangan air bersih saat El Nino datang.

Selain itu Kasad yang didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Uli Simanjuntak bersama rombongan juga berkesempatan meninjau langsung Program fisik TMMD menggunakan motor trail, di antaranya, lokasi pembangunan jalan dan sumur bor, serta menyerahkan kunci rumah hasil rehab RTLH, membagikan tas sekolah, serta bansos kepada warga setempat. 

Adapun sasaran fisik TMMD ke 120 Kodim 1022/TB, yaitu pengerasan jalan, dari Desa Karang Rejo Kecamatan Karang Bintang sepanjang 5.400 meter dengan lebar 5,5 meter, pembuatan gorong-gorong plat deker, sebanyak 6 titik single, dan 1 titik double. Rehab 1 unit Masjid, rehab rumah tidak layak huni sebanyak 2 unit, rehab pos kamling 4 unit, rehab mushola 1 unit, rehab MCK 1 unit, dan pembuatan 3 titik sumur bor.

Sasaran non fisik, seperti bakti sosial berupa pelayanan KB Kesehatan, Posyandu, Posbindu, pemberian makanan tambahan Bumil, dan anak Stunting, penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara dan cinta tanah air, pertanian dan perkebunan, kamtibmas, hukum, bahaya narkoba, stunting, serta sosialisasi rekrutmen TNI. 0ferry

Berita Lainnya
Rabu, 05 Juni 2024
Selasa, 04 Juni 2024
Minggu, 02 Juni 2024
Jumat, 31 Mei 2024
Jumat, 31 Mei 2024
Kamis, 30 Mei 2024
Rabu, 29 Mei 2024
Rabu, 29 Mei 2024
Selasa, 28 Mei 2024
Senin, 27 Mei 2024
Minggu, 26 Mei 2024
Sabtu, 25 Mei 2024