Selasa, 19 Maret 2019 11:50:13

Kasus Hoaks, Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak

Kasus Hoaks, Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak

Beritabatavia.com - Berita tentang Kasus Hoaks, Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak eksepsi atau nota keberatan yang dilayangkan oleh kuasa hukum terdakwa kasus penyebaran ...

  Kasus Hoaks, Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak Ist.
Beritabatavia.com - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak eksepsi atau nota keberatan yang dilayangkan oleh kuasa hukum terdakwa kasus penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet. Dengan penolakan ini, sidang kasus hoak tetap berlanjut dengan pemerikaan saksi hingga terdakwa Ratna.

Menolak eksepsi penasihat hukum terdakwa atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum untuk seluruhnya, kata Ketua Majelis Hakim Joni dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (19/3/2019).

Dalam putusannya, Majelis Hakim juga menyatakan bahwa surat dakwaan telah disusun oleh Jaksa Penutut Umum secara cermat, jelas, dan lengkap sehingga dapat dijadikan dasar pemeriksaan perkara tersebut lebih lanjut. Menyatakan sidang terhadap perkara pidana atas nama terdakwa Ratna Sarumpaet dilanjutkan, ujar Joni.

Joni mengungkapkan, Majelis Hakim juga menangguhkan biaya perkara hingga putusan akhir. Pekan lalu, Jaksa Penuntut Umum membaca tanggapan atas nota keberatan eksepsi yang dilayangkan kuasa hukum Ratna dan meminta hakim menolak eksepsi tersebut.

Tim Jaksa Penuntut Umun menilai, eksepsi yang disampaikan kuasa hukum terdakwa sudah melampaui batas ruang lingkup eksepsi. Dalam eksepsinya tim pengacara Ratna menilai, JPU telah membuat kekeliruan dalam surat dakwaan terhadap klien mereka.

Surat dakwaan JPU itu dinilai telah merugikan Ratna dan menyesatkan hakim dalam memeriksa dan mengadili kasus tersebut. Ratna didakwa dengan Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana.

Jaksa juga mendakwa Ratna dengan Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45 A ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Usai sidang, Ratna Sarumpaet mengaku dengan penolakan eksepsi oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ya kalau mau dibilang hati saya menerima, ya enggak. Tapi kan yang mempunyai palu bukan saya, kata Ratna

Ratna tak menjawab tegas saat ditanya apakah ia menganggap putusan hakim adil baginya. Namun, ia mengaku ikhlas dengan putusan yang dikeluarkan hakim. Ya kami ikuti saja prosesnya, ikhlas sama negeri gue lah, lontarnya. 0 ERZ



Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 30 Juli 2020
Rabu, 29 Juli 2020
Rabu, 29 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020
Kamis, 09 Juli 2020
Rabu, 17 Juni 2020
Senin, 08 Juni 2020
Senin, 01 Juni 2020
Sabtu, 18 April 2020
Senin, 09 Maret 2020
Sabtu, 29 Februari 2020
Kamis, 27 Februari 2020