Senin, 06 Mei 2019 12:55:05

Kasus Suap PLTU Riau-1, KPK Periksa Tersangka Eks Dirut PLN

Kasus Suap PLTU Riau-1, KPK Periksa Tersangka Eks Dirut PLN

Beritabatavia.com - Berita tentang Kasus Suap PLTU Riau-1, KPK Periksa Tersangka Eks Dirut PLN

Eks Direktur Utama PLN Sofyan Basir memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Untuk pertama kalinya, Sofyan menjalani ...

  Kasus Suap PLTU Riau-1, KPK Periksa Tersangka Eks Dirut PLN Ist.
Beritabatavia.com - Eks Direktur Utama PLN Sofyan Basir memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Untuk pertama kalinya, Sofyan menjalani pemeriksaan setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, dalam kasus suap PLTU Riau-1. Senin (6/5), tak ada keterangan apapun, saat Sofyan Basir datang dan langsung masuk ke dalam gedung KPK.

Mengenakan kemeja batik warna cokelat, Sofyan adalah tersangka baru dalam kasus yang melibatkan mantan anggota Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dan mantan Menteri Sosial sekaligus tokoh Partai Golkar, Idrus Marham yang sudah lebih dulu divonis.

SFB (Sofyan Basir) diperiksa sebagai tersangka, kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Yuyuk Andriati dalam keterangan resminya, Senin (6/5).

Dalam pemeriksaan kali ini, KPK juga memanggil enam orang lainnya, yakni Corporate Secretary PT Pembangkit Jawa Bali Investasi (PT PJBI) Lusiana Ester, dosen Program Studi Teknik Pertambangan ITB Syafrizal, office boy PT Samantaka Batubara Erry Yudhamiharja, petugas sekuriti PT Samantaka Batubara Fredrik Lanitaman, dan dua orang lainnya dari pihak swaswa yakni Jumadi dan Lukman Hakim.

Keenam orang itu akan diperiksa sebagai saksi untuk Sofyan Basir. KPK telah menetapkan Sofyan sebagai tersangka suap dalam proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-1. Penetapan tersangka itu dilakukan setelah KPK mengembangkan perkara kasus dugaan suap kesepakatan kontrak kerja sama PLTU Riau-1.

Sofyan diduga bersama-sama atau membantu mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar Eni Maulani Saragih dan sejumlah kawannya dalam menerima hadiah atau janji dari pemilik saham Blackgold Natural Resources Ltd, Johannes Budisutrisno Kotjo.

Sofyan dituding berperan dalam membantu Blackgold melalui anak usahanya PT Samantaka Batu bara untuk mendapatkan proyek PLTU Riau-I. Samantaka akan memasok kebutuhan batu bara untuk pembangkit listrik tenaga uap mulut tambang itu.  0 CIO
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Senin, 04 Maret 2024
Sabtu, 02 Maret 2024
Jumat, 01 Maret 2024
Jumat, 01 Maret 2024
Jumat, 01 Maret 2024
Rabu, 28 Februari 2024
Rabu, 28 Februari 2024
Selasa, 27 Februari 2024
Senin, 26 Februari 2024
Minggu, 25 Februari 2024
Minggu, 25 Februari 2024
Minggu, 25 Februari 2024