Sabtu, 11 Januari 2020 14:24:38

Buah Pohon, Award Kamtibmas & Inovasi Yanmas Jenderal Andap

Buah Pohon, Award Kamtibmas & Inovasi Yanmas Jenderal Andap

Beritabatavia.com - Berita tentang Buah Pohon, Award Kamtibmas & Inovasi Yanmas Jenderal Andap

Bintang dua bertengger di pundak, sederet  posisi penting serta segudang prestasi diraih,  tak membuatnya berubah. Tetap  ramah, ...

Buah Pohon, Award Kamtibmas & Inovasi Yanmas  Jenderal Andap  Ist.
Beritabatavia.com -

Bintang dua bertengger di pundak, sederet  posisi penting serta segudang prestasi diraih,  tak membuatnya berubah. Tetap  ramah, murah senyum, tak lupa dengan orang-orang yang pernah mengenalnya, responshif tetapi tidak menggurui.
Sosok pria kelahiran Jakarta 23 Juni 1966 silam, kini menjabat Kapolda kepulauan Riau (Kepri), Inspektur Jenderal Polisi Andap Budhi Revianto. Dikenal sebagai sosok perwira tinggi Polri yang inovatif dan kreatif serta memiliki kemampuan yang mumpuni tentang teknologi.
Alumni AKPOL 1988 B ini tak pernah kering gagasan. Teknologi digunakan sebagai sarana prasarana layanan masyarakat. Kebijakan dan programnya berorientasi untuk menigkatkan  kualitas pelayanan dalam  upaya memelihara Kamtibmas agar tetap kondusif.
Sebagai bhayangkari sejati yang memiliki jiwa kesatria, langkahnya tak pernah goyah meskipun diterpa prahara dan kritikan tajam. Irjen Andap Budhi Revianto tetap semangat berdiri kokoh penuh dedikasi. Keberadaannya sebagai Kapolda  harus menjadi motivator bagi seluruh personil,  agar berlari kencang melaksanakan fungsi dan peran yaitu melayani , melindungi, mengayomi masyarakat.

Irjen Andap Budhi Revianto terus  mengatur langkah menyusuri setiap denyut kehidupan masyarakat tempatnya bertugas. Dia tak pernah lelah menyampaikan pesan dan seruan agar  manjaga dan memelihara damai supaya selalu hidup di tengah masyarakat. Andap menyapa warga dengan hati dan selalu meninggalkan kesan yang membuat kehadirannya bermanfaat bagi masyarakat. Sejumlah catatan tentang pelaksanaan tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan pimpinan, kepada Irjen Andap Budhi Revianto.
Awal menjabat Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kendari, Andap Budhi Revianto langsung meluncurkan   Halu Haluo Polda Sultra. Sebuah inovasi berbasis teknologi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Sulawesi Tenggara terkait kamtibmas. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor polisi untuk melapor apabila ada tindak kejahatan. Terobosan baru ini  mendapat perhatian masyarakat, hingga Irjen Andap Budhi Revianto memperoleh penghargaan dari Kendari Pos Award 2017 sebagai Tokoh Kamtibmas dan Inovasi Pelayanan Masyarakat (Yanmas).

Disetiap tempatnya bertugas, Andap Budhi Revianto selalu membangun komunikasi yang baik dengan semua pihak. Dia percaya, untuk lebih memahami kepentingan dan kebutuhan maupun kesulitan masyarakat, harus selalu bersama dengan warga.
Awal menjadi Kapolda Maluku, Irjen Andap langsung menggagas program Bakumpul, Bacarita, Kamtibmas (BBK). Program rutin itu sebagai sarana untuk mengumpulkan seluruh komponen masyarakat Ambon. Irjen Andap juga memimpin langsung bakti sosial membersihkan pantai dan teluk Ambon sepanjang garis pantai Tahaparis, Tautui dan kawasan teluk Ambon.
Selalu menorehkan sesuatu membuat hati dan pikiran warga tempatnya bertugas selalu mengenangnya. Begitu juga setelah menjabat Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) sejak Agustus 2018 lalu.
Setelah mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja ke Kepri dan Natuna. Kapolda Kepri Irjen Andap Budhi Revianto memimpin gerakan menanam pohon di bumi Sagantang lada Kepri. Menurutnya, menanam pohon merupakan implementasi kebijakan Kapolri yaitu  Polri Peduli Penghijauan, yang dilaksanakan bersamaan hari gerakan satu juta pohon sedunia dan hari lingkungan hidup Indonesia tepatnya 10 Januari 2020.
Bukan sekadar menanam pohon, tetapi memberikan pesan untuk masyarakat. Kapolda Kepri, Irjen Andap Budhi Revianto mengajak generasi milenial dan anak-anak TK untuk melakukan gerakan menanam pohon. Ajakan Kapolda bak gayung bersambut, antusias anak-anak TK dan generasi milenial di kepulauan riau ini sangat tinggi.  Para anak-anak ini dibimbing langsung oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto. Dari mulai menimbun tanah dengan alat sekop kedalam lubang pohon sampai melakukan penyiraman.
"Anak-anak dari TK, SD sampai tingkat Universitas kami libatkan penanaman pohon disini bertujuan agar mereka dapat mencintai lingkungan," tutur Kapolda.
Kapolda berharap, beberapa tahun kemudian, Celsea Chantika dari TK Pembina Tiban Sekupang Kepri, dan anak-anak lainnya datang melihat buah pohon yang ditanamnya.  
" Saya suka tanam pohon, nanti kalau sudah berbuah kan buahnya bisa Celsea makan," kata Celsea Chantika polos, saat bersama Kapolda  menyiram tanaman pohon buah Angggur Brazil atau nama latinnya Myrciaria Cauliflora Fyn, di Mapolda Kepri.
Harapan Irjen Andap kepada Celsea Chantika adalah pesan yang masa berlakunya hingga puluhan tahun ke depan. Celsea akan selalu mengingat peristiwa tanam pohon di Polda Kepri. Tentu Celsea nanti akan melihat hasil gerakan tanam pohon sebanyak 20.424 oleh Polda Kepri dan jajarannya yang dilakukan serentak 10 Januari 2020.  
Celsea dan anak-anak TK yang sudah dewasa  datang menikmati buah dari 24 jenis pohon yang ditanam, diantaranya pohon  Anggur Brazil, Jambu Jamaica, Jambu Air, Jambu Biji, Jambu Madu, Jambu Bol, Matoa, Cempedak, Gaharu, Durian, Ketapang, Pucuk Merah, Sirsak, Sakura, Ketapang Kencana, Pohon Kaya, Mangga, Kelengkeng, Mangga Kyojai, Rambutan, Sangkis, Duku, Daun Salam, dan Angsana.
"Marilah bersama kita canangkan Provinsi Kepri untuk hijau mengingat wilayah Geografis kita yang hanya 4 persen daratan dan sisanya merupakan lautan, jangan sampai daratan tersebut tergerus," ujar Kapolda. Hendaknya buah pohon yang ditanam   bermanfaat bagi masyarakat sekaligus mengingatkan Irjen Andap Budhi Revianto pernah bertugas dan bersama dengan masyarakat melayu di bumi sagantang lada. Semoga doa-doa tulus masyarakat menghantarkan Irjen Andap Budhi Revianto menjadi pemimpin dilevel tertingi. O Edison Siahaan

 

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 16 Januari 2019
Jumat, 16 November 2018
Rabu, 07 November 2018
Rabu, 31 Oktober 2018
Selasa, 16 Oktober 2018
Selasa, 16 Oktober 2018
Selasa, 18 September 2018
Senin, 17 September 2018
Senin, 17 September 2018
Senin, 17 September 2018
Senin, 17 September 2018
Senin, 17 September 2018