Sabtu, 18 Januari 2020 11:57:03

3 Tahun Mangkrak, Warga Purworejo Keluhkan Pembangunan GSG

3 Tahun Mangkrak, Warga Purworejo Keluhkan Pembangunan GSG

Beritabatavia.com - Berita tentang 3 Tahun Mangkrak, Warga Purworejo Keluhkan Pembangunan GSG

Sepi dan senyap, tidak ada aktifitas, rumput tumbuh mengelilingi bangunan yang mangkrak, hanya ada palng papan tanpa tulisan, begitulah kondisi di ...

3 Tahun Mangkrak, Warga Purworejo Keluhkan Pembangunan GSG  Ist.
Beritabatavia.com -

Sepi dan senyap, tidak ada aktifitas, rumput tumbuh mengelilingi bangunan yang mangkrak, hanya ada palng papan tanpa tulisan, begitulah kondisi di lokasi pembangunan Gedung Serba Guna (GSG)  di dusun V desa Karang Rejo, Kecamatan Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah.
Isu liar beraroma kecurigaan tanpa ada penjelasan, merebak disetiap perbincangan warga. Sebagian warga mulai menaruh curiga sekaligus keluhan, sebab sudah tiga tahun pembangunan GSG tak kunjung selesai. Sayangnya, informasi terkait dana yang digunakan maupun alasan pembangunan jadi mangkrak, sulit diperoleh.

Seorang warga menyampaikan sepenggal informasi, bahwa proyek pembangunan gedung yang mangkrak dan tanpa papan nama tersebut, awalnya dilaksanakan tahun 2017 dengan sumber anggaran dari dana desa (DD).
" Tahun 2017 lalu sempat diumumkan di Masjid, kalau dana pembangunan gedung itu dari DD. Tetapi untuk anggaran berapa saya tidak tahu soalnya dari pertama bangun enggak ada plangnya. Jadi masyarakat enggak pernah tahu jumlah anggaran berapa dan dari mana. Kini bangunan terbengkalai,”  ungkap salah satu warga setempat, Sabtu 18/01/2020.

Menurutnya, beberapa waktu lalu ada sejumlah orang menggunakan mobil dating ke lokasi bangunan. Mereka memasang plang papan tetapi tidak ada tulisannya.
"Padahal yang saya tau, biasanya di proyek-proyek itu pasti ada papan nama, diantaranya ada tulisan nama kegiatan, volume, dan jumlah anggaran dan sumber dana," ungkapnya.

Seorang warga lainnya menambahkan, berdasarkan hasil musyawarah, pembangunan gedung serba guna yang dimulai tahun 2017 itu akan dilaksanakan secara bertahap hingga tiga tahun.
"Pembangunan gedung serba guna ini dicanangkan selesai dalam masa waktu tiga tahun. Sempat dipasang tiang penyangga di tahun 2019 lalu. Tapi entah kenapa tiang yang telah dipasang itu dicopot lagi pada bulan Desember 2019 kemarin. Sampai awal tahun 2020 ini, belum ada satupun tiang penyangga yang berdiri lagi disana," jelas warga yang  tidak mau disebut identitasnya.

Sementara Kepala Desa Karang Rejo, Buntoro, saat dimintai keterangan lewat WhatsApp terkait pembangunan gedung Serba Guna di Dusun V, hanya menjelaskan bahwa dirinya sudah dipanggil oleh pihak Kejaksaan Negeri Kabupaten Purworejo.
 " Saya sudah dipanggil Kajari," kata Kades Buntoro,singkat.
Warga berharap, selain ada transparansi pemerintah soal dana yang digunakan, juga pembangunan GSG bisa selesai secepatnya. O Agus

 

Berita Lainnya
Selasa, 19 Mei 2020
Kamis, 07 Mei 2020
Sabtu, 02 Mei 2020
Jumat, 01 Mei 2020
Rabu, 29 April 2020
Selasa, 28 April 2020
Senin, 06 April 2020
Rabu, 01 April 2020
Rabu, 25 Maret 2020
Selasa, 24 Maret 2020
Senin, 23 Maret 2020
Rabu, 18 Maret 2020