Sabtu, 12 Desember 2020 14:13:22

Takut Ditangkap Rizieq Menyerah ke Polda Metro

Takut Ditangkap Rizieq Menyerah ke Polda Metro

Beritabatavia.com - Berita tentang Takut Ditangkap Rizieq Menyerah ke Polda Metro

Setelah Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, memerintahkan penangkapan serta mengirimkan surat pencekalan. Tokoh Front Pembela Islam (FPI) ...

Takut Ditangkap Rizieq Menyerah ke Polda Metro Ist.
Beritabatavia.com -

Setelah Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, memerintahkan penangkapan serta mengirimkan surat pencekalan. Tokoh Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab (MRS) akhirnya menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya, Sabtu 12 Desember 2020, sekitar pukul 10.30 WIB. Sebelumnya MRS mangkir, alias tak menggubris dua surat panggilan yang dikirimkan oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. MRS bersama lima petinggi FPI lainnya ditetapkan sebagai tersangka pelanggaran protokol kesehatan atas terjadinya kerumunan massa di Petamburan Jakarta Pusat.

Polda Metro Jaya juga menjerat MRS dengan Pasal 160 KUHP terkait penghasutan dan Pasal 216 KUHP menghalangi aparat negara melakukan penyelidikan dan penyidikan pelanggaran protokol kesehatan.

Rizieq tiba di Polda Metro Jaya didampingi tim kuasa hukum Achmad Midhan dan Sekretaris Umum FPI Munarman dengan mengendarai mobil warna putih Nomor polisi B 1 FPI. Tidak ada pengerahan massa dari FPI. Sebelum memasuki ruang penyidik, Rizieq mengaku kondisinya sehat. Menurutnya, pemeriksaan dirinya sebagai warga negara yang patuh akan proses hukum yang sedang melilitnya.

“Rekan wartawan semuanya, hari ini ke Polda Metro Jaya untuk menuruti pemeriksaan sesuai dengan Perundang- undangan yang berlaku.Persiapan biasa saja.Kalau diitanya kita jawab,” ujar Rizieq.

Rizieq membantah kalau dirinya bersembunyi dari panggilan penyidik.

“Saya selalu ada di pondok pesantren Holdikulura, sekali- kali ke rumah di Petamburan dan ke Megamendung untuk menengok anak dan cucu,” ujarnya.

Kabidhumas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, setelah menjalani tes rapid swab antigen dan dinyatakan negatif, MRS langsung menjalani pemeriksaan  di Subdit Kamneg Direktorat Reserse Kriminal Umum.

Menurut Kombes Yusri, pihaknya belum bisa memastikan apakah MRS menyerahkan diri karena takut ditangkap. Tetapi yang pasti dia menyerah dan bukan dipanggil. Saat ini sedang menjalani pemeriksaan, setelah penyidik lebih dulu memberikan surat perintah penangkapan.  

Apakah MRS langsung ditahan ? Kabid Humas Kombes Yusri menjelaskan MRS telah menjalani proses hingga pemeriksaan. Terkait penahanan merupakan kewenangan penyidik, kita tunggu saja alasan objektif dan subjektif penyidik. "Kita punya waktu 1x24 jam untuk menentukan apakah ditahan atau tidak, kita tunggu saja," kata Kombes Yusri.

habib

Foto : Sebelum diperiksa MRS lebih dulu menjalani pemeriksaan kesehatan

Kombes Yusri juga mengingatkan lima tersangka lainnya. Polda Metro Jaya memberikan dua opsi pertama menyerahkan diri seperti MRS atau opsi kedua mereka ditangkap.

Lima tersangka lainnya, yakni Haris Ubaidillah, Ali bin Alwi Alatas, Maman Suryadi, serta Shabri Lubis, dan Idrus. Mereka dijerat dengan sangkaan Pasal 93 UU 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Kelima tersangka tersebut adalah panitia hajatan pernikahan putri Habib Rizieq Shihab yang disangka melanggar aturan protokol kesehatan.0 red

Berita Lainnya
Jumat, 28 Mei 2021
Senin, 24 Mei 2021
Jumat, 14 Mei 2021
Jumat, 30 April 2021
Kamis, 29 April 2021
Rabu, 28 April 2021
Rabu, 28 April 2021
Selasa, 27 April 2021
Kamis, 22 April 2021
Selasa, 13 April 2021
Jumat, 09 April 2021
Minggu, 04 April 2021