Senin, 07 Juni 2021 19:21:15

Pemprov DKI Diminta Hentikan Wacana Penerapan Gage Ditengah Pandemi

Pemprov DKI Diminta Hentikan Wacana Penerapan Gage Ditengah Pandemi

Beritabatavia.com - Berita tentang Pemprov DKI Diminta Hentikan Wacana Penerapan Gage Ditengah Pandemi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta agar tidak melanjutkan wacana penerapan aturan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap (Gage) ...

Pemprov DKI Diminta Hentikan Wacana Penerapan Gage Ditengah Pandemi Ist.
Beritabatavia.com -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta agar tidak melanjutkan wacana penerapan aturan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap (Gage) ditengah pandemi Covid-19. Kebijakan Gage dihentikan setelah pandemi Covid-19 merebakĀ  di Tanah Air khususnya di wilayah DKI Jakarta yang hingga saat ini kasus Covid-19 masih tinggi.

Terkait hal itu Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya masih melakukan pengkajian terkait penerapan kembali sistem pembatasan kendaraaan tersebut di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Wadirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Rusdy Pramana menjelaskan penerapan ganjil-genap tersebut sejatinya harus diimbangi dengan kesiapan dari moda transportasi massal yang beroperasi di Jakarta.

Dengan kesiapan tersebut moda transportasi massal ini diharapkan tidak ada lagi penumpukan masyarakat yang tengah melakukan antrean untuk menggunakan moda transportasi umum tersebut.

"Jadi memang harus dilihat kesiapannya bagaimana, jangan sampai ada penumpukan di moda transportasi umum," jelas AKBP Rusdy seperti dilansir laman resmi Korlantas Polri, Senin (7/6/2021).

Rusdy menilai perlu ada kajian lebih lanjut soal penerapan sistem Gage di DKI Jakarta. Dia pun tidak membantah jika Jalan Sudirman-MH Thamrin memang bisa diterapkan Gage lantaran adanya moda transportasi umum seperti MRT dan Transjakarta.

Namun, lanjut Rusdy, sejumlah kawasan lainnya masih perlu kajian lebih dalam. Pasalnya, di kawasan tersebut belum lengkapnya sarana dan prasara transportasi umum.

"Kami sarankan, rekomendasi manakala diterapkan kembali ganjil-genap pada masa pandemi ini perlu diperhatikan juga kelengkapan sarana dan prasarana moda transportasi angkutan umum," tukasnya.

Indonesia Traffic Watch (ITW) juga mengingatkan Pemprov DKI agar menghentikan wacana untuk menerapkan kebijakan Gage ditengah pandemi Covid-19 yang belum mereda khususnya di wilayaha ibukota kota Jakarta. Selain itu, Pemprov DKI juga harus sudah benar-benar didukung denganĀ  kesiapan angkutan umum jika kembali menerapkan kebijakanĀ  sistim ganjil genap (Gage) ditengah pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan mengatakan kebijakan Gage itu akan berdampak pada upaya pencegahan penyebaran dan penularan wabah virus Covid-19 yaitu Prokes 3M.
"Kalau Gage diterapkan tentu akan menimbulkan penumpukan masyarakat di satu titik tempat atau halte bus atau stasiun. Apakah Pemprov sudah menyiapkan angkutan umum agar tetap bisa displin menjalankan prokes ?," kata Edison Siahaan.O son

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Jumat, 28 Februari 2020
Senin, 24 Februari 2020
Jumat, 24 Januari 2020
Rabu, 22 Januari 2020
Sabtu, 18 Januari 2020
Kamis, 16 Januari 2020
Rabu, 15 Januari 2020
Selasa, 14 Januari 2020
Kamis, 09 Januari 2020
Selasa, 07 Januari 2020
Minggu, 05 Januari 2020
Selasa, 31 Desember 2019