Jumat, 03 Juli 2015 11:54:58

ITW: Transjakarta Terbakar Sebaiknya Gubernur Mundur

ITW: Transjakarta Terbakar Sebaiknya Gubernur Mundur

Beritabatavia.com - Berita tentang ITW: Transjakarta Terbakar Sebaiknya Gubernur Mundur

Indonesia Traffic Watch (ITW) menilai kebakaran bus Transjakarta di halte Salemba, UI, Jakarta Pusat, Jumat (3/7) bukan musibah, tetapi akibat ...

ITW: Transjakarta Terbakar Sebaiknya Gubernur Mundur Ist.
Beritabatavia.com - Indonesia Traffic Watch (ITW) menilai kebakaran bus Transjakarta di halte Salemba, UI, Jakarta Pusat, Jumat (3/7) bukan musibah, tetapi akibat kelalaian. Sebaiknya  Gubernur DKI mundur sebagai wujud pertanggungjawabannya atas peristiwa kebakaran bus transjakarta yang sudah berulang kali terjadi.

  Karena ini adalah akibat kelalaian, harus ada yang bertanggungjawab. Polri harus proses secara hukum dan mengumumkan siapa tersangkanya, kata Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan, Jumat (3/7).

Menurutnya, peristiwa kebakaran bus Transjakarta juga menjadi tanggungjawab Gubernur. Apalagi peristiwa kebakaran bus Transjakarta sudah sering terjadi, ditambah lagi kasus-kasus lainnya seperti kecelakaan, mogok, bus lepas ban, bus korslet atau gangguan perjalanan lainnya. Ditambah lagi  keluhan karena  bus yang reyot, karatan, serta bocor. Sebagai bentuk tanggungjawab,   sebaiknya Gubernur mundur saja.

Gubernur jangan lagi lempar tanggungjawab, lebih baik dan satria mundur saja, ujar Edison.

Dikatakan, masyarakat tidak butuh lagi penjelasan bus tersebut milik siapa, merek apa dan alasan-alasan lainnya. Sebab, Edison melanjutkan, bus tersebut tidak mungkin bisa melintas atau operasi di jalur khusus, jika tidak ada izin dari Transjakarta.

Tentu, katanya, semuanya sudah menjadi tanggungjawab pihak Transjakarta. Karena bus itu tidak turun dari langit langsung operasi, tetapi sebelumnya sudah harus melewati proses seperti uji kelayakan dan perawatan secara berkala.

Kalau ada bus yang tidak layak tetapi tetap operasi,  yang tidak becus siapa ?, tanya Edison.

Sejujurnya, ITW sangat menyesalkan peristiwa kebakaran bus Transjakarta. Padahal,  angkutaan massal yang menjadi kebanggaan Pemprov DKI itu bisa mewujudkan keamanan,keselamatan,ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas. Namun, kini berubah menjadi momok menakutkan yang bisa kapan saja menelan korban jiwa penumpangnya.

ITW mencatat, sepanjang 2014-2015  ada 10 peristiwa kebakaran yang terjadi menimpa bus transjakarta. O Iki

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Sabtu, 11 Februari 2023
Rabu, 14 Desember 2022
Sabtu, 19 November 2022
Jumat, 17 Juni 2022
Selasa, 19 April 2022
Senin, 18 April 2022
Rabu, 13 April 2022
Senin, 07 Maret 2022
Sabtu, 26 Februari 2022
Senin, 21 Februari 2022
Jumat, 18 Februari 2022
Kamis, 17 Februari 2022