Senin, 27 Juli 2015

Didata Ulang Pendatang Baru di Jakarta

Didata Ulang Pendatang Baru di Jakarta

Beritabatavia.com - Berita tentang Didata Ulang Pendatang Baru di Jakarta


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan pendataan ulang terhadap penduduk yang ada di wilayahnya setelah arus balik berakhir kemarin, ...

Ist.
Beritabatavia.com -
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan pendataan ulang terhadap penduduk yang ada di wilayahnya setelah arus balik berakhir kemarin, Minggu (26/7/2015).

"Puncaknya kan kemarin, setelah itu petugas langsung turun ke lapangan," ungkap Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota, Senin (27/7/2015).

Dikatakan, pendataan dilakukan bukan hanya setelah lebaran saja tetapi dilakukan terus menerus secara berjenjang mulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan, hingga Dinas Kependudukan bersama dinas ketenagakerjaan DKI Jakarta. "Prosesnya adalah mereka akan didata ulang. Kalau mereka seumpama datang ke Jakarta sendiri ataukah bawa teman, saudara, kita akan data," ucapnya.

Pendataan dilakukan guna mengetahui kedatangan orang-orang baru ke Jakarta apakah dalam rangka singgah, sekolah, atau mencari pekerjaan. "Ini datanya harus komplit dan akurat. Tapi kalau mau mecari pekerjaan tapi tidak punya tempat tinggal tidak bisa. Kalau tidak punya tempat tinnggal dia tidur dimana?" katanya.

Bila mengontrak rumah bagi pendatang baru dikatakan Djarot tidak menjadi masalah. Tetapi tentu bagi para pendatang tidak serta merta akan didata kemudian mendapatkan KTP DKI. Pihaknya harus mendapatkan data yang valid terkait keberadaaan pendatang di Jakarta.

"Sampai mereka mendapatkan pekerjaan tetap disini atau di sekolah disini dan berniat pindah di Jakarta, ya silakan (mengajukan pembuatan KTP). Tapi ada juga kan pekerjaan mereka itu yang tidak terus di Jakarta, yang mobile, yang di Jakarta cuma beberapa bulan, setelah itu dia kemana lagi, Jadi tidak bisa dilihat satu sisi saja. Sangat bervariasi dan sangat heterogen," tutur Djarot. o tno

Berita Lainnya
Rabu, 02 Oktober 2019
Selasa, 01 Oktober 2019
Sabtu, 28 September 2019
Kamis, 26 September 2019
Minggu, 22 September 2019
Jumat, 20 September 2019
Senin, 16 September 2019
Minggu, 15 September 2019
Sabtu, 14 September 2019
Selasa, 10 September 2019
Senin, 09 September 2019
Kamis, 05 September 2019