Senin, 12 Oktober 2015 13:22:30

Sambungan Busway Patah, Lalulintas Yos Sudarso Macet

Sambungan Busway Patah, Lalulintas Yos Sudarso Macet

Beritabatavia.com - Berita tentang Sambungan Busway Patah, Lalulintas Yos Sudarso Macet

Satu unit Bus Transjakarta bernomor polisi B 7417 IV dengan nomor bodi BMP-081, mengalami kerusakan di Jl. Yos Sudarso, tepatnya di putaran ...

  Sambungan Busway Patah, Lalulintas Yos Sudarso Macet Ist.
Beritabatavia.com -
Satu unit Bus Transjakarta bernomor polisi B 7417 IV dengan nomor bodi BMP-081, mengalami kerusakan di Jl. Yos Sudarso, tepatnya di putaran sekitar Halte Busway Sunter Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (12/10). Sambungan bus gandeng itu patah setelah pengemudi kesulitan memutar balik ke arah Sunter.

Mau putar balik terhalang separator yang terlalu tinggi. Sehingga tadi saya sempat mundur namun matiknya terkunci. Akibatnya, sambungan badan bus patah, kata Sutarman, pramudi bus, di lokasi kejadian, Senin (12/10) sekitar pukul 10:30.

Menurutnya, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10:00. Saat kejadian, busnya berisi 15 penumpang. Alhamdulillah kondisi penumpang gak ada yang terluka. Hanya tadi sebagian penumpang menggerutu karena kesal. Tapi tadi mereka semua sudah dipindahkan ke Busway lain, imbuhnya.

Dimas, mekanik yang diturunkan menangani masalah tersebut mengatakan, bus yang beroperasi di Koridor 12 (trayek Tanjung Priok-Pluit) tersebut mengalami kerusakan pada bagian sambungannya. Hal itu dikarenakan pengemudi terlalu memaksakan kemudi untuk memutar balik busnya. Sambungan badan busnya patah. Ini bisa jadi karena sopir memutarbalikan busnya terlalu dipaksakan, ucapnya, sambil memperbaiki kerusakan.

Saat ini, petugas dibantu sejumlah polisi tampak sibuk menangani masalah tersebut. Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa Satuan Lantas Wilayah Polres Metro Jakarta Utara, Iptu Sunar Trianto mengatakan, ada 6 polisi yang dikerahkan ditambah satu truk untuk mengevakuasi bus.

Ia pun menilai, masalah tersebut terjadi karena sopir Busway di bawah manajemen Bianglala Metro Politan (BMP) itu kurang memperhatikan kondisi jalan. Ia membahantah bila masalah itu terjadi karena separator jalan yang dianggap terlalu tinggi.

Pada saat kendaraan ini memutar pengemudi mengambil jaraknya terlalu ke kanan hingga akhirnya sambungan badannya terkunci. Itu kondisi jalan sebetulnya tergantung bagaimana keahlian pengemudi yang seharusnya selalu fokus memperhatikan jarak. Buktinya Busway lain yang lewat sini gak pernah ada masalah, ucapnya.

Akibat peristiwa itu, arus lalulintas di Jl. Yos Sudarso dan Boulevard Raya mengalami kemacetan. Untuk mengatasinya, lanjut Sunar, polisi melakukan pengalihan arus kendaraan di beberapa titik jalan. Salah satunya pengendara di Jalan Boulevard Raya yang ingin ke arah Sunter kami alihkan melalui putaran balik Kodamar, tutupnya. o pko
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Sabtu, 18 Januari 2020
Kamis, 16 Januari 2020
Rabu, 15 Januari 2020
Selasa, 14 Januari 2020
Kamis, 09 Januari 2020
Selasa, 07 Januari 2020
Minggu, 05 Januari 2020
Selasa, 31 Desember 2019
Senin, 30 Desember 2019
Rabu, 11 Desember 2019
Selasa, 10 Desember 2019
Senin, 09 Desember 2019