Jumat, 23 Oktober 2015

Bus TransJakarta Terjaring Razia, Ahok Ancam Putus Kontrak

Bus TransJakarta Terjaring Razia, Ahok Ancam Putus Kontrak

Beritabatavia.com - Berita tentang Bus TransJakarta Terjaring Razia, Ahok Ancam Putus Kontrak


Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menilai belasan bus TransJakarta yang terjaring razia menurunkan animo masyarakat dalam ...

Ist.
Beritabatavia.com -
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menilai belasan bus TransJakarta yang terjaring razia menurunkan animo masyarakat dalam menggunakan transportasi umum. Bus-bus itu terjaring karena tak memenuhi kelengkapan surat kendaraan dan kondisinya tak layak.

Selain peringatan, Ahok mengatakan akan memutus kontrak dengan bus milik operator yang bernaung di bawah PT Transjakarta, bila terus-terusan mengabaikan kelayakan. "Kita denda, kasih peringatan. Kalau terus begitu, putus kontrak aja udah," ujar Ahok di Balaikota, Jumat (23/10/2015).

Sebelumnya, Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI merazia belasan bus di halte Harmoni sampai Dukuh Atas. Kendaraan yang terjaring razia itu kondisi tidak layak jalan, juga tidak memiliki kelengkapan surat berkendaraan.

Hal tersebut dilakukan untuk memberi efek jera, bus yang dirazia akan ditahan hingga kelengkapan surat dan uji layak kendaraannya terpenuhi. "Beli bus penuh permainan, banyak korupsinya, bus milik operator ini emang 60 sampe 70 persen itu nggak layak jalan, makanya kita nanti akan tambah bus-bus yang bagus," tambah Ahok.

Ahok berharap aparat Dinas Perhubungan melanjutkan tindakan itu dengan menahan bus bermasalah sampai kondisi bus dalam keadaan layak jalan. Hal ini dilakukan demi kenyamanan transportasi untuk masyarakat.

Sebelumnya, sebanyak 13 Bus TransJakarta, koridor II dan III tidak layak dilakukan stop operasi oleh petugas Sudin Perhubungan dan Transportasi Jakarta Pusat. Tak hanya itu, moda transportasi ibukota tersebut pun langsung dikandangkan di terminal Rawa Buaya.

Kasudin Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Pusat, Henri Perez Sitorus, mengatakan razia kelayakan dan kelengkapan surat terhadap Bus TransJakarta, sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi. "Selagi ada pelanggaran, selagi itu juga kita lakukan penindakan," jelasanya.

Menurut Perez, belasan armada TransJakarta tersebut dikandangkan karena masa KIR habis dan juga kondisi kendaraan tidak layak hingga dapat membahayakan keselamatan penumpang. "Ini baru secara fisik kita lihat bodinya karatan, knalpot kotor. Tidak ada perawatan yang baik," ucapnya.

Operasi kelayakan dan kelengkapan surat terhadap Bus TransJakarta, tersebut juga dipantau langsung Wakil Walikota, Arifin dan Wakadis Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Teguh. Keduanya apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan Sudin Perhubungan dan Transportasi Jakarta Pusat tersebut.

"Memang sudah seharusnya dilakukan upaya preventif tersebut, agar TransJakarta lebih layak dan menjadi contoh terhadap kendaraan angkutan umum lainnya," ucap Teguh, singkat. Selain mengandangkan 13 TransJakarta, petugas juga ikut mengandangkan 4 bus APTB dan 6 Kopaja dengan kasus serupa. o day





Berita Lainnya
Sabtu, 28 September 2019
Kamis, 26 September 2019
Minggu, 22 September 2019
Jumat, 20 September 2019
Senin, 16 September 2019
Minggu, 15 September 2019
Sabtu, 14 September 2019
Selasa, 10 September 2019
Senin, 09 September 2019
Kamis, 05 September 2019
Rabu, 04 September 2019
Senin, 02 September 2019