Rabu, 30 Desember 2015

Pemprov DKI Susun Mekanisme Pembayaran Iuran Sampah

Pemprov DKI Susun Mekanisme Pembayaran Iuran Sampah

Beritabatavia.com - Berita tentang Pemprov DKI Susun Mekanisme Pembayaran Iuran Sampah

Menindaklanjuti rencana pemungutan iuran kebersihan, Pemprov DKI Jakarta menyusun teknis pelaksanannya. Menurut Isnama Adji, Kepala Dinas Kebersihan, ...

Ist.
Beritabatavia.com - Menindaklanjuti rencana pemungutan iuran kebersihan, Pemprov DKI Jakarta menyusun teknis pelaksanannya. Menurut Isnama Adji, Kepala Dinas Kebersihan, pihaknya sudah diperintah Gubernur DKI Jakarta Basuki (Ahok) untuk menyusunn teknis pelaksanannya. "Kita susun dulu,"katanya kemarin. Terutama menyangkut berbagai aturan yang mendukungnya.

Seperti diberitakan, Ahok berencana menata iuran kebersihan yang selama ini dikelo Rt atau Rw. Alasannya iuran itu diduga menjadi bancakan oknum, mulai Januari 2016, pengurus RT/RW di DKI Jakarta dilarang memungut uang kebersihan kepada warga. Uang kebersihan bisa langsung disetorkan warga ke rekening Pemprov DKI Jakarta melalui Bank DKI.

‎"Sekarang semua RT dan RW nggak boleh lagi memungut uang sampah," ujar Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta.

Menurutnya, pungutan uang kebersihan dari Ketua RT dan RW di wilayah selama ini banyak yang masuk ke kantung pribadi dan tidak ke dalam kas daerah. Kasus tersebut marak terjadi di Jakarta Selatan, di mana pengurus RT/RW memungut uang kebersihan kepada  restoran-restoran setiap bulan.

"Jakarta Selatan, malaknya kencang-kencang, restoran-restoran dipalakin, per-Januari 2016, seluruh uang itu suruh warga setor langsung ke rekening Pemprov DKI," tandasnya.

Sementara itu, Prabowo Soenirman, anggota DPRD DKI Jakarta, meminta Ahok tidak gegabah menerapkan rencana tersebut.

Menurutnya, petugas kebersihan di lingkungan Rt Rw berbeda dengan petugas pegawai harian lepas (PHL) dan PPSU.

Petugas PHL kebrsihan selama ini bertugas menaikkan sampah ke truk truk sampah. Sedangkan PPSU bertugas membersihkan jalan, selokan dan taman.

Sedangkan petugas kebersihan di lingkungan betugas memungut sampah dai masing masing rumah warga kemudian diangkut pakai geobak sampak ke tmpat pembuangan sementara. "Meeka ini yang dibiayai melalui iuran warga. Jadi berbesa,"katanya.

Selain itu, jumlah petugas PPSU hanya sekitar 3000 orang. Bila dibanding dengan jumlah RT mencapai 30 ribu dan jumlah Rw sekitar 3000. "Tidak mungkin wilayah sebanyak itu ditangani PPSU dan PHL. Bisa muntah darah nantinya,"kata Prabowo. o pko

Berita Lainnya
Kamis, 26 September 2019
Minggu, 22 September 2019
Jumat, 20 September 2019
Senin, 16 September 2019
Minggu, 15 September 2019
Sabtu, 14 September 2019
Selasa, 10 September 2019
Senin, 09 September 2019
Kamis, 05 September 2019
Rabu, 04 September 2019
Senin, 02 September 2019
Sabtu, 31 Agustus 2019