Senin, 01 Februari 2016

Musim Hujan, Pompa Air Jakarta Banyak Rusak

Musim Hujan, Pompa Air Jakarta Banyak Rusak

Beritabatavia.com - Berita tentang Musim Hujan, Pompa Air Jakarta Banyak Rusak


Memasuki puncak musim hujan, Jakarta kembali dalam bayang-bayang banjir. Beberapa hari diguyur hujan, sejumlah wilayah tergenang. Padahal sudah ...

Ist.
Beritabatavia.com -
Memasuki puncak musim hujan, Jakarta kembali dalam bayang-bayang banjir. Beberapa hari diguyur hujan, sejumlah wilayah tergenang. Padahal sudah sejak lama Pemprov DKI Jakarta melakukan sederet upaya antisipasi untuk mengatasi banjir.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengaku terus memantau upaya yang dilakukan anak buahnya dalam menyelesaikan banjir. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memaksimalkan pompa mobile untuk mengantisipasi kemunculan genangan-genangan air di 5 kota administrasi.

Sayangnya, pompa-pompa ini kerap ditemukan masalah dalam pengoperasiannya. Masalahnya, kata Ahok adalah macetnya pompa-pompa tersebut karena sampah serta kurangnya perawatan.

"Saya kan orang tambang, saya main tambang kalau kamu pompa ngisep sampah, baling baling kamu macet enggak? Kalau dia macet enggak bunyi, trafo kamu terbakar karena panas. masih saya temukan 21 lokasi yang ada pompa penuh sampah," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Senin (1/2).

Meski begitu, Ahok mengklaim, sejak dioperasikannya pompa-pompa tersebut, intensitas genangan dapat ditekan. Namun, persoalan pompa tersebut, katanya, adalah karena Kepala Dinas Tata Air yang lama tidak becus merawat pompa-pompa air.

"Masa hujan dua bulan hujan masa 10 bulan enggak bisa merawat pompa. Memang bukan salah kepala dinas yang sekarang. Ini peninggalan yang lama, ini lagi diberesin," tuding Ahok.

Sebelumnya, Kadis Tata Air DKI Teguh Hendrawan mengatakan pihaknya akan melakukan pengerukan sungai-sungai di DKI Jakarta dengan menggunakan 119 pompa mobile untuk mengantisipasi kemunculan genangan-genangan air di 5 kota administrasi.

"Persiapannya ada 119 pompa mobile siap mem-back up yang tersebar di 5 wilayah kota. Paling banyak (disebar ke) Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur. Selain itu Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan juga ada, terutama di daerah Pesanggarahnan kami siapkan 3 pompa mobile," kata Teguh saat dihubungi, Selasa (26/1).

Selain itu, ketika ditanya mengenai kondisi pompa-pompa air yang saat ini tengah dioperasikan. Teguh mengklaim 95 persen pompa mobile yang dimiliki Pempro DKI berfungsi dengan baik. Saat ini dari 150 rumah pompa yang ada di Jakarta, sebanyak 453 pompa aktif. "Semuanya 95 persen masih bagus," jelas Teguh. o kay


Berita Lainnya
Sabtu, 28 September 2019
Kamis, 26 September 2019
Minggu, 22 September 2019
Jumat, 20 September 2019
Senin, 16 September 2019
Minggu, 15 September 2019
Sabtu, 14 September 2019
Selasa, 10 September 2019
Senin, 09 September 2019
Kamis, 05 September 2019
Rabu, 04 September 2019
Senin, 02 September 2019