Kamis, 08 September 2016

Banyak Masalah, RS Menteng Mitra Afia Ditutup

Banyak Masalah, RS Menteng Mitra Afia Ditutup

Beritabatavia.com - Berita tentang Banyak Masalah, RS Menteng Mitra Afia Ditutup


 Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menutup Rumah Sakit (RS) Menteng Mitra Afia di Jakarta Pusat. Alasannya, rumah sakit yang berada di ...

Ist.
Beritabatavia.com -
 Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menutup Rumah Sakit (RS) Menteng Mitra Afia di Jakarta Pusat. Alasannya, rumah sakit yang berada di tengah Ibu Kota Jakarta itu dinilai mempunyai banyak masalah.

Kepala Dinkes DKI Jakarta Koesmedi Priharto mengatakan, ada beberapa prosedur yang dilakukan RS tersebut namun tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes). "Ada izin yang tidak sesuai, pengelolaan yang sesuai Permenkes, ada juga masalah limbah, dan sebagainya," ujar Koesmedi kepada wartawan, Kamis (8/8/2016).

Penutupan ini, lanjut dia, sudah melalui beberapa proses mulai dari peringatan lisan, peringatan tertulis hingga pencabutan izin. Prosedur ini sudah dilakukan sebelum bulan puasa.  "Kami sudah jalankan, tapi tidak ada perbaikan dari rumah sakit. Nah tugas Dinkes adalah melindungi masyarakat untuk menegakkan melalui regulasi yang ada. Selain itu, kami juga harus melindungi orang-orang yang bekerja di institusi tersebut," jelas Koesmedi.

Meski begitu, kata dia, penutupan ini bersifat sementara. Jika rumah sakit kooperatif dengan memperbaiki semua kesalahan, maka akan diizinkan kembali untuk beroperasi. "Misalnya hari ini, dia perbaiki semua, hari ini diajukan ke saya, hari ini saya periksa, ternyata dia memang sesuai prosedur ya kami izinkan lagi beroperasi," katanya.

Sementara Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan sanksi tegas kepada Rumah Sakit Menteng Mitra Afia, untuk menghindari kejadian malpraktik. Apalagi, beberapa kali teguran yang dilayangkan tidak digubris oleh pihak rumah sakit. "Kami juga ngeri kalau ada malpraktik. Pasien meninggal, yang disalahin siapa? Kami juga," kata Basuki di Balai Kota, Kamis (8/9).

Basuki mengakui telah meminta kepada Dinas Kesehatan DKI Jakarta, melakukan tindakan tegas. Saat ini izin rumah sakit telah dicabut dan dilakukan penutupan. "Itu sudah diperingatin beberapa kali. Saya sudah suruh dinas beresin," tegasnya.

Proses pencabutan izin rumah sakit oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta sudah sesuai dengan prosedur. Sebelum penutupan, telah dilakukan terguran lisan, teguran tertulis, hingga pencabutan izin operasional. Selama teguran diberikan, pihak rumah sakit juga tidak melakukan perbaikan. o eee





Berita Lainnya
Kamis, 26 September 2019
Minggu, 22 September 2019
Jumat, 20 September 2019
Senin, 16 September 2019
Minggu, 15 September 2019
Sabtu, 14 September 2019
Selasa, 10 September 2019
Senin, 09 September 2019
Kamis, 05 September 2019
Rabu, 04 September 2019
Senin, 02 September 2019
Sabtu, 31 Agustus 2019