Senin, 08 Mei 2017

Macet, Presiden Jokowi Saja Tak Pernah Masuk Busway

Macet, Presiden Jokowi Saja Tak Pernah Masuk Busway

Beritabatavia.com - Berita tentang Macet, Presiden Jokowi Saja Tak Pernah Masuk Busway

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku tidak pernah masuk ke jalur Transjakarta atau busway meski sedang macet. Langkah ini ...

Ist.
Beritabatavia.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku tidak pernah masuk ke jalur Transjakarta atau busway meski sedang macet. Langkah ini dilakukan karena ingin mencontohkan disiplin kepada warga agar jalur tersebut tetap steril.

"Enggak (pernah masuk busway) ah. Macet ya macet. Kan kita yang larang-larang masuk busway, masak kita langgar sendiri aturan itu," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Senin (8/5/2017).

Ahok melanjutkan, bahkan Presiden Joko Widodo sekalipun tidak pernah masuk ke jalur Transjakarta, meski mobil berplat RI diizinkan lewat. "Ya kita harus disiplin, bahkan Pak Jokowi, kita kasih plat RI boleh masuk busway. Khusus plat RI, Pak Jokowi pun enggak pernah masuk karena kita pengen steril," kata Ahok.

Menurut Ahok, bila jalur Transjakarta steril maka akan semakin banyak warga pindah ke moda transportasi umum. "Kalau busway steril orang akan suka naik bus. Saya aja kalau macet mau ke selatan saya berapa kali naik busway. Justru kesel kalau sudah naik busway tapi tetap di jalanan," kata Ahok.

Ahok menjelaskan, yang diizinkan lewat jalur steril itu adalah mobil berplat RI, ambulans, dan pemadam kebakaran. "Jadi konsep busway itu, supaya kalau macet orang butuh ambulans, kecelakaan atau apapun yang buru-buru, yang penting ya boleh pakai. Tapi itu juga buat pejabat RI, saya pun gubernur enggak boleh pakai. Jadi kita enggak lewat untuk edukasi," kata Ahok.

Menurutnya, apabila jalur bus Transjakarta steril, maka masyarakat akan suka naik bus. Basuki mengaku, bahkan apabila dirinya terkena macet pun ia lebih memilih turun dan naik bus Transjakarta saja.

"Justru kesal kalau sudah naik bus Transjakarta, tetap macet di jalanan. Jadi konsep busway itu, supaya kalau macet orang butuh ambulans, kecelakaan atau apa pun yang buru-buru dan penting ya, semua boleh pakai, tapi itu juga hanya untuk buat pejabat RI. Saya pun Gubernur tidak boleh pakai. Kami tidak berani karena untuk edukasi," terangnya.

Seperti diketahui, Jumat (5/5), rombongan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Salahudin Uno kedapatan menerobos jalur bus Transjakarta seusai ditetapkan sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih oleh KPU. Jalur bus Transjakarta diterobos rombongan saat Sandiaga Uno hendak merayakan kemenangannya bersama pendukung dan relawan di Posko Cicurug, Jakarta Pusat.

Rombongan Sandiaga Uno memasuki jalur bus Transjakarta di Jalan Salemba Raya dari persimpangan Kramat Lontar sekitar pukul 16.55 WIB. Jalur tersebut semula steril karena dijaga seorang petugas Transjakarta. Namun, voorijder yang mengawal rombongan Sandiaga menerobos masuk untuk membukakan jalan.

Tidak hanya itu, Minggu (7/5), di car free day Jakarta, diduga mobil tim Anies-Sandi berupa ambulans juga menerobos ke area car free day. Yang menjadi masalah, dalam video yang viral di sosial media tersebut, bahkan tampak seseorang dari tim mereka mendorong petugas Dinas Perhubungan DKI yang sedang berjaga, dan menegur aksi mereka sembari memaki. o kay



Berita Lainnya
Kamis, 26 September 2019
Minggu, 22 September 2019
Jumat, 20 September 2019
Senin, 16 September 2019
Minggu, 15 September 2019
Sabtu, 14 September 2019
Selasa, 10 September 2019
Senin, 09 September 2019
Kamis, 05 September 2019
Rabu, 04 September 2019
Senin, 02 September 2019
Sabtu, 31 Agustus 2019