Rabu, 26 Juli 2017

Syarat Ikut Revitalisasi Metromini Memberatkan

Syarat Ikut Revitalisasi Metromini Memberatkan

Beritabatavia.com - Berita tentang Syarat Ikut Revitalisasi Metromini Memberatkan

GUBERNUR DKI Jakarta Djarot meminta agar pemilik Metromini bergabung TransJakarta. Ternyata saran itu dikelurakan pemilik Metromini. Mereka ...

Ist.
Beritabatavia.com - GUBERNUR DKI Jakarta Djarot meminta agar pemilik Metromini bergabung TransJakarta. Ternyata saran itu dikelurakan pemilik Metromini. Mereka mengeluhkan syarat yang diterapkan Pemprov DKI juga PT Transjakarta untuk mengikuti program integrasi dan revitalisasi. Syarat dinilai memberatkan juga menyulitkan pemilik Metromini.

Pemilik Metromini Azas Tigor Nainggolan, salah satunya. Ia bercerita, pemilik Metromini diharuskan membayar uang muka Rp75 juta untuk bisa ikut program itu. Selain itu, pemilik juga harus membayar di muka biaya operasional selama tiga bulan. "Nanti mobilnya baru disediakan oleh Dinas Perhubungan dan Transjakarta," kata Azas, Rabu (26/7).

Merek mobil dan bank pinjaman juga sudah ditentukan Pemprov DKI. Cara itu, dinilai Azas janggal. Semestinya, kata dia, Pemprov dan Transjakarta hanya mengeluarkan ketetapan standar kendaraan dan membebaskan pemilik Metromini meminjam di bank manasaja.

"Speknya harus sama dengan Transjakarta tentukan misalnya. Pemprov juga harusnya memberi surat jaminan agar pemilik bisa ajukan kredit ke bank," jelas dia sambil menambahkan sekarang kan beda, bayar Rp75 juta, merek (mobil) sudah disediakan, terus pakai bank tertentu.

Azas sebetulnya tertarik dengan program revitalisasi metromini. Ia menilai program itu memang dibutuhkan, sebab metromini yang ada saat ini diakuinya sudah tidak layak.

Terlebih, menurut Azas, usulan revitalisasi metromini itu sudah dicetuskan sejak 2010-2011. Azas mengaku jadi salah satu pencetusnya saat dirinya menjabat sebagai Ketua Dewan Keselamatan Transportasi Jakarta (DKTJ). "Sebetulnya tertarik tapi caranya enggak bisa kalau begini," cetusnya.

Selain itu, kata dia, sosialisasi integrasi dan revitalisasi metromini ini masih kurang. Pemprov dinilai belum menyentuh seluruh pemilik metromini yang jumlahnya ditaksir mencapai ribuan. Hal itu juga yang dinilainya membuat masih banyak pemilik metromini yang enggan bergabung. "Kan (metromini) ini engga ada pengurus, bagaimana caranya harus diajak ngobrol semua, diundang semua," ungkapnya.  o mio

Berita Lainnya
Kamis, 26 September 2019
Minggu, 22 September 2019
Jumat, 20 September 2019
Senin, 16 September 2019
Minggu, 15 September 2019
Sabtu, 14 September 2019
Selasa, 10 September 2019
Senin, 09 September 2019
Kamis, 05 September 2019
Rabu, 04 September 2019
Senin, 02 September 2019
Sabtu, 31 Agustus 2019