Kamis, 24 Agustus 2017

Pasar Tradisional Jakarta Wajib Standar Nasional

Pasar Tradisional Jakarta Wajib Standar Nasional

Beritabatavia.com - Berita tentang Pasar Tradisional Jakarta Wajib Standar Nasional

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat minta pasar tradisional direvitalisasi agar jauh dari kesan kumuh dan mendorong warga ke pasar. Djarot ...

Ist.
Beritabatavia.com - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat minta pasar tradisional direvitalisasi agar jauh dari kesan kumuh dan mendorong warga ke pasar. Djarot ingin pasar tradisional di Jakarta berstandar nasional. Standar nasional yang dimaksud adalah pasar memiliki fasilitas lengkap, seperti toilet layak, parkir, musala, puskesmas, hingga tempat menyusui.

"Fasilitas harus lengkap. Makanya saya lihat ada-ibu menyusui, toiletnya bersih, ada musala, ada minipuskesmas untuk perawatan kalau ada yang sakit ya, pemadam kebakaran," kata Djarot  saat resmikan Pasar Walang Baru, Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara, Kamis (23/8)

Mantan Wali Kota Blitar itu juga meminta agar pasar terintegrasi dengan tempat hiburan seperti ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) dan pusat grosir milik DKI atau Jak Grosir. Dengan begitu, harga akan stabil dan pasar tetap ramai.

Djarot meyakini, pasar tradisional masih tetap bisa ramai sebab ada interaksi antara penjual dan pembeli. Hal itu yang tidak dimiliki lapak online yang kini menjamur.

Pembangunan pasar ini telah dilakukan sejak 2016 lalu. Saat ini kondisi Pasar Walang Baru kondisinya sudah bersih dan sangat bagus. Pedagang harus dapat merawatnya agar tetap bersih dan bisa meramaikan pasar yang baru diresmikannya itu. Apalagi pasar berada di permukiman warga dan di belakangnya ada RPTRA serta puskesmas.

Diauinya Saat ini pasar tradisional harus berstandar nasional. Memiliki sejumlah sarana dan prasarana atau fasilitas yang lebih memadai. Seperti ada tempat menyusui, toilet bersih, puskesmas mini, posko pemadam kebakaran dan alat keselamatan. "Pasar juga harus terintegrasi dengan aktifitas lain. Seperti sarana olahraga, hiburan, mini jack grosir," ucapnya. o day


Berita Lainnya
Sabtu, 28 September 2019
Kamis, 26 September 2019
Minggu, 22 September 2019
Jumat, 20 September 2019
Senin, 16 September 2019
Minggu, 15 September 2019
Sabtu, 14 September 2019
Selasa, 10 September 2019
Senin, 09 September 2019
Kamis, 05 September 2019
Rabu, 04 September 2019
Senin, 02 September 2019