Rabu, 14 Juli 2021 22:24:20

Pengamat: Jabatan Bupati Bekasi Tidak Boleh Terlalu Lama Kosong

Pengamat: Jabatan Bupati Bekasi Tidak Boleh Terlalu Lama Kosong

Beritabatavia.com - Berita tentang Pengamat: Jabatan Bupati Bekasi Tidak Boleh Terlalu Lama Kosong

Tiga posisi kunci di Pemkab Bekasi hingga saat ini masih kosong, sebelum Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja meninggal, kursi Wakil Bupati dan ...

Pengamat: Jabatan Bupati Bekasi Tidak Boleh Terlalu Lama Kosong Ist.
Beritabatavia.com -

Tiga posisi kunci di Pemkab Bekasi hingga saat ini masih kosong, sebelum Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja meninggal, kursi Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi juga belum terisi.

Pengamat politik yang juga Presidium Marhaen Indonesia 98, Sahat P Ricky Tambunan mengatakan kosongnya tiga jabatan itu baru pertama kali dalam sejarah. Menurut Ricky, jangan dibiarkan terlalu lama karena potensi mengganggu jalannya roda pemerintahan Kabupaten Bekasi.  

Dia mengingatkan agar DPRD Bekasi bersikap pasca meninggalnya Bupati Bekasi beberapa hari lalu. Sekaligus menentukan yang akan mengisi jabatan Wakil Bupati. DPRD harus mematuhi Undang-undang dan PP Nomor 12 Tahun 2018 soal penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota tentang tata cara mengatur pengisian kekosongan jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten.
"DPRD harus menentukan pilihan didalam menentukan jabatan Wakil Bupati dalam waktu dekat, setelah sang Bupati Eka Supria Atmaja meninggal dunia baru-baru ini,"kata Sahat P Ricky Tambunan, Rabu (14/7).

"Jadi, akibat kekosongan ini (Kursi Bupati), Jabatan Kepemimpinan Pemerintahan Daerah Kabupaten Bekasi tidak bisa kosong. Jabatan Sekretariat Daerah (Sekda), seperti yang dikatakan Gubernur Jawa Barat hanya menjadi pelaksana beberapa hari. Untuk itu, Anggota Dewan tidak bisa diam. Kalau Dewan tidak segera menentukan sikap, hal itu menandakan Dewan Kabupaten Bekasi tidak mengerti akan wewenang dan tanggung jawabnya," tambahnya.

Menurut Ricky Tambunan, DPRD Kabupaten Bekasi tidak boleh makan gaji buta. Apalagi belakangan ini, Dewan sudah menentukan sikap dan wara-wiri, dan Paripurna soal ini, tapi kenapa pula Wakil Bupati tidak dilantik sampai hari ini. Apa masalahnya dan dimana masalahnya?

"Dewan tidak bisa mengorbankan Pemerintahan di Kabupaten Bekasi. Kursi Kepemimpinan Pemerintahan Daerah tidak bisa kosong. Dewan Kabupaten Bekasi harus bersikap. Kalau tidak masyarakat bisa menilai Dewan tidak bekerja, atau tak mengerti perundang-undangan," tegas Ricky Tambunan O son

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Jumat, 28 Februari 2020
Jumat, 28 Februari 2020
Senin, 24 Februari 2020
Jumat, 24 Januari 2020
Rabu, 22 Januari 2020
Sabtu, 18 Januari 2020
Kamis, 16 Januari 2020
Rabu, 15 Januari 2020
Selasa, 14 Januari 2020
Kamis, 09 Januari 2020
Selasa, 07 Januari 2020
Minggu, 05 Januari 2020