Minggu, 21 November 2021 08:39:23

Polisi Tangkap 'Anak Jenderal' Pemain Ilegal Logging

Polisi Tangkap 'Anak Jenderal' Pemain Ilegal Logging

Beritabatavia.com - Berita tentang Polisi Tangkap 'Anak Jenderal' Pemain Ilegal Logging

Pria bernama Mat Ari selalu disapa 'anak jenderal' akhirnya tak berkutik setelah diringkus tim Polda Riau. Dia dituding sebagai pelaku ...

Polisi Tangkap 'Anak Jenderal' Pemain Ilegal Logging Ist.
Beritabatavia.com -

Pria bernama Mat Ari selalu disapa 'anak jenderal' akhirnya tak berkutik setelah diringkus tim Polda Riau. Dia dituding sebagai pelaku pembalakan kayu secara  ilegal (ilegal logging) di wilayah Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, Riau.

Kapolda Riau, Irjen Agung Setya Effendi mengatakan, pelaku adalah bos atau cukong yang mempunyai anak buah dalam melakukan pembalakan kayu secara liar. Kapolda juga menjelaskan ihwal penangkapan si 'anak jenderal'bermula ketika Kapolda melakukan patroli udara pada Senin 15 Nopember 2021 lalu. Irjen Agung Setya secara langsung dari udara melihat hutan Cagar Biosfer Giam Siak kecil habis dibabat.

"Saya patroli kemarin melihat hutan sudah digarap para pelaku, itu terlihat jelas. Kemudian, hasilnya petugas darat bertindak dan melakukan penangkapan," kata Irjen Agung Setya.

Dia melanjutkan, awalnya polisi membekuk dua orang, dimana salah satu pelaku yaitu Mat Ari alias anak jenderal. Selanjutnya, tim melakukan penangkapan tersangka lain bernama Nanang Sarifuddin.

"Dari hasil pemeriksaan, kayu ini dipesan pemodal kepada pekerja. Jadi, mereka diberi alat potong, dan genset.Selain itu, mereka juga dibekali uang Rp 3 juta untuk masuk ke dalam hutan. Itu di luar dari hitungan berapa kubik bisa dikeluarkan mereka," ungkap Irjen Agung.

Selain meringkus para tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa dua buah mesin chainsaw, satu unit Genset, dua set rantang makan dan 20 kubik kayu olahan serta enam batang kayu log. Tersangka dan semua barang bukti kini diamankan di Polda Riau.

Hasil pemeriksaan sementara, Polisi menduga Mat Ari sebagai salah satu pemodal yang memberi dana ke pekerja untuk membabat kayu dari Cagar Biosfer Giam Siak Kecil. Mat Ari yang populer  dengan sebutan 'anak jenderal' juga yang merekrut pekerja dari Lampung sebanyak delapan orang. O red/son

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Sabtu, 25 September 2021
Jumat, 24 September 2021
Jumat, 24 September 2021
Jumat, 10 September 2021
Senin, 06 September 2021
Sabtu, 28 Agustus 2021
Senin, 26 Juli 2021
Senin, 26 Juli 2021
Jumat, 23 Juli 2021
Selasa, 13 Juli 2021
Senin, 12 Juli 2021
Senin, 28 Juni 2021