Selasa, 20 Agustus 2019 14:42:13

Budayawan Betawi Setuju Wacana Bekasi Gabung DKI

Budayawan Betawi Setuju Wacana Bekasi Gabung DKI

Beritabatavia.com - Berita tentang Budayawan Betawi Setuju Wacana Bekasi Gabung DKI

BUDAYAWAN Betawi sekaligus mantan anggota DPR, Ridwan Saidi mendukung wacana Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi untuk menggabungkan Bekasi ke wilayah ...

 Budayawan Betawi Setuju Wacana Bekasi Gabung DKI Ist.
Beritabatavia.com - BUDAYAWAN Betawi sekaligus mantan anggota DPR, Ridwan Saidi mendukung wacana Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi untuk menggabungkan Bekasi ke wilayah Provinsi DKI Jakarta. Alasannya karena Bekasi merupakan bagian dari wilayah budaya Betawi.

Iya bagus kalau mereka masuk Jakarta karena Bekasi itu wilayah budaya Betawi. Kita bukan bicara wilayah administrasi, wilayah budaya Betawi Bekasi itu karena mereka berbahasa Betawi, kata Ridwan seperti dilansir laman Kompas, Selasa (20/08/2019).

Berdasarkan peta yang dibuat oleh Pangeran Panembong sekitar abad ke-15 dan 16, wilayah Betawi berbatasan sebelah Barat dengan Kali Cisadane, Tangerang dan sebelah timur Kali Citarum, Bekasi. Juga, banyaknya jumlah orang Betawi tinggal di Bekasi Sehingga lebih cocok masuk menjadi bagian dari Jakarta. Oh masih numpuk (orang Betawi di Bekasi), barangkali di situ 60 persen, ujarnya.

Ridwan mengatakan awal mula terpisahnya Bekasi dari Jakarta dimulai pada zaman penjajahan Belanda. Kala itu, wilayah Bekasi saat ini residensinya merupakan bagian dari Residen Priangan. Residensi ini terus bertahan hingga akhirnya setelah merdeka Bekasi terpisah dari Jakarta.

Namun dengan adanya wacana penggabungan tersebut seolah mengembalikan wilayah kebudayaan Betawi seperti yang tertera pada peta Pangeran Panembong. Kita harap Pemda DKI menyambut baik keinginan dari Pemkot Bekasi, itu harapan saya, ujarnya.

Wacana penggabungan Bekasi dengan DKI Jakarta dimunculkan oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi setelah merebak isu pemekaran Provinsi Bogor Raya. Bekasi dinilai cocok untuk masuk dalam provinsi itu. Namun, Rahmat Effendi memiliki pandangan lain. Saya enggak tahu, tapi kemarin ada yang gagas, siapa ya, (Bekasi) jadi Jakarta Tenggara, kata Rahmat yang akrab disapa Pepen.

Secara kultur, sambung dia, Bekasi lebih dekat dengan Jakarta melalui kesamaan budaya Betawi daripada dengan Bogor maupun Sukabumi di Bogor Raya. 0 KMP




Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Jumat, 03 September 2021
Senin, 19 Juli 2021
Jumat, 23 Oktober 2020
Kamis, 03 September 2020
Jumat, 17 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
Rabu, 26 Februari 2020
Jumat, 31 Januari 2020
Rabu, 15 Januari 2020
Selasa, 14 Januari 2020
Jumat, 10 Januari 2020
Rabu, 08 Januari 2020