Kamis, 31 Oktober 2019 17:37:28

Sidang Gugatan Wanprestasi, Ashanty Mangkir

Sidang Gugatan Wanprestasi, Ashanty Mangkir

Beritabatavia.com - Berita tentang Sidang Gugatan Wanprestasi, Ashanty Mangkir

ARTIS  Ashanty Hastuti alias Ashanty Hermansyah mangkir sidang gugatan wanprestasi yang diajukan mantan rekan bisnisnya, Martin Pratiwi, di ...

  Sidang Gugatan Wanprestasi, Ashanty Mangkir Ist.
Beritabatavia.com -
ARTIS  Ashanty Hastuti alias Ashanty Hermansyah mangkir sidang gugatan wanprestasi yang diajukan mantan rekan bisnisnya, Martin Pratiwi, di Pengadilan Negeri Purwokerto, Jawa Tengah. Sidang perdana yang digelar di PN Purwokerto, Kamis (31/10/2019), dengan majelis hakim diketuai M. Arif Nuryanta beranggotakan Dian Anggraini dan Arief Yudiarto, hanya dihadiri pihak penggugat, Martin Pratiwi didampingi penasihat hukumnya, Udhin Wibowo.

Setelah mengecek identitas dan legalitas penasihat hukumnya, Hakim Ketua M. Arif Nuryanta meminta panitera pengganti untuk mengecek keluar ruangan untuk memastikan apakah pihak tergugat maupun penasihat hukumnya hadir atau tidak hadir di PN Purwokerto. Karena dipastikan pihak tergugat maupun penasihat hukumnya tidak hadir, Hakim Ketua M. Arif Nuryanta memutuskan sidang perdata gugatan wanprestasi tersebut ditunda hingga tanggal 20 November 2019.

Saat ditemui usai sidang, penasihat hukum Martin Pratiwi selaku pihak penggugat, Udhin Wibowo mengatakan bahwa berdasarkan informasi dari majelis hakim, Ashanty selaku pihak tergugat telah dipanggil secara patut. Namun, yang bersangkutan tidak hadir dalam sidang perdana tersebut. Kami enggak tahu alasannya apa. Terus dari hasil sidang tadi ditunda untuk hadir kembali di sidang berikutnya pada tanggal 20 November 2019, katanya.

Terkait dengan gugatan wanprestasi tersebut, kata dia, nilai yang dituntut sebesar Rp14,3 miliar dengan perincian nilai bagi hasil yang belum dibagikan dan ganti kerugian sisa produk. Pada produk pertama masih ada sisa yang belum terjual. Ketika sudah berakhir, harusnya menjadi milik bersama. Sementara sampai sekarang belum ada laporan jelas terkait dengan sisa produk itu uangnya ke mana, katanya.

Menurut dia, kliennya hampir selama 2 tahun meminta klarifikasi terkait dengan kerja sama. Yang satu tahun itu tidak pernah ada jawaban secara kekeluargaan. Maka, akhirnya menempuh jalur hukum, katanya.

Udhin menyoroti pernyataan Ashanty dalam tayangan infotainment jika modal awal bisnis yang digeluti bersama Martin Pratiwi hanya Rp475 juta, kemudian sudah mendapatkan bagi hasil sekitar Rp1 miliar sehingga harusnya sudah bersyukur.  Cuma permasalahannya kan begini, ini kan ada perjanjian, di dalam perjanjian itu jumlah keuntungan kami bagi setengah-setengah. Kami baru mendapatkan sekitar Rp 1 miliar, itu jauh dari kata setengah-setengah itu, jelasnya.

Ia mengaku tidak tahu cara pandang Ashanty karena dalam perjanjian disebutkan bagi hasilnya setengah-setengah, sedangkan yang bersangkutan menyatakan bahwa pihak penggugat telah mendapatkan lebih dari modal sehingga harus bersyukur.

Selain gugatan wanprestasi, kata dia, pihaknya pada bulan Juli 2019 juga telah melaporkan Ashanty ke Polda Metro Jaya atas dugaan penipuan dan/atau penggelapan terkait dengan perjanjian kerja sama dengan Martin Pratiwi. Prosesnya sampai saat ini sudah pemeriksaan saksi-saksi. Dari saksi-saksi kami sudah, dan dari saksi-saksi pihak mereka juga sudah. Kemungkinan (Ashanty) dalam waktu dekat akan dipanggil, katanya.

Pihak penggugat, Martin Pratiwi mengaku sudah lama menggeluti bisnis kosmetik dan Ashanty tertarik sehingga mengajak kerja sama untuk saling menguntungkan. Kami pertama kali bertemu pada tahun 2015, katanya.

Dalam hal ini, Ashanty tertarik untuk bekerja sama karena bisnis yang digeluti Pratiwi sudah berlangsung lama. Sebaliknya, Pratiwi bersedia menerima tawaran kerja sama itu karena Ashanty merupakan publik figur.

Pada bulan November 2015, kata Pratiwi, mereka mengumpulkan modal masing-masing sebesar Rp 475 juta hinggga akhirnya pada bulan April 2016 produk siap dipasarkan dan dibuatkan perjanjian. Namun, setelah sepakat menjalin kerja sama, laporan bulanan dan pembagian hasil yang semestinya dilakukan setiap bulan, tidak dikerjakan. Laporan baru ada pada bulan Agustus 2016, katanya.

Bahkan, dia baru mendapatkan bagian dari bagi hasil sebesar Rp 290 juta yang ditransfer oleh Ashanty pada bulan Oktober 2016 dan kontrak kerja sama kedua belah pihak diputus pada bulan April 2017. Baru dikasih lagi September dan itu juga belum pasti apakah itu pengembalian modal atau keuntungan karena omzetnya sendiri mencapai Rp 18 miliar, katanya. 0 ANO

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Jumat, 03 September 2021
Senin, 19 Juli 2021
Jumat, 23 Oktober 2020
Kamis, 03 September 2020
Jumat, 17 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
Rabu, 26 Februari 2020
Jumat, 31 Januari 2020
Rabu, 15 Januari 2020
Selasa, 14 Januari 2020
Jumat, 10 Januari 2020
Rabu, 08 Januari 2020