Minggu, 01 Januari 2012 15:24:46

2012= Tantangan + Kesempatan

2012= Tantangan + Kesempatan

Beritabatavia.com - Berita tentang 2012= Tantangan + Kesempatan

Selama 365 hari kita sebagai bangsa Indonesia sudah melalui berbagai macam

2012= Tantangan + Kesempatan Ist.
Beritabatavia.com - Selama 365 hari kita sebagai bangsa Indonesia sudah melalui berbagai macam tantangan. Beragam permasalahan yang mewarnai perjalanan bangsa ini, menjadi indikasi bahwa tahun 2012 merupakan tahun penuh tantangan, sekaligus kesempatan.

Jika kita bisa mengelola segala permasalahan dengan baik, maka kita akan memperoleh manfaat yang dapat digunakan untuk perbaikan kehidupan ke depan. Sebaliknya, 2012 menjadi tantangan yang sangat berat. Terutama faktor yang berada di luar kontrol kita sangatlah besar. Krisis ekonomi yang sedang melanda negara maju seperti Eropa dan Amerika, yang belum diketahui pasti kapan akan berakhir, menjadi tantangan terberat bagi dunia, khususnya Indonesia.

Pemerintah harus berani melakukan perubahan untuk meningkatkan kinerja agar bisa mencapai tujuan. Pemerintah harus membangun kerjasama agar satu suara dalam hal melakukan upaya-upaya perbaikan. Kendati, harus pahit seperti kehilangan popularitas di mata rakyat.

Untuk menyembuhkan penyakit kronis, tidak ada jalan lain, kecuali pemerintah menempuh langkah ekstrim. Tidak ada lagi waktu untuk berleha-leha. Hendaknya 2012 tidak lagi mengedepankan pencitraan. Tetapi, tindakan nyata yang berorientasi kepentingan bangsa dan negara.

Stabilitas, penegakaan hukum adalah satu-satunya langkah yang dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat, maupun pelaku bisnis. Kita harus ingat, jika situasi tidak menentu seperti saat ini, maka akan berdampak negatif pada investasi. Semua orang pasti akan mencari aman, sehingga memilih investasi di negara yang risikonya relatif kecil. Para pemilik modal tidak mungkin menanamkan modalnya, di negara yang tidak jelas kepastian hukumnya.

Indonesia akan menjadi salah satu tujuan investasi, jika pemerintah benar-benar mampu mengelola stabilitas keamanan dan kepastian hukum.Apalagi, potensi pasar di Indonesia sangat menjanjikan. Kita juga harus memahami, kondisi yang kondusif tidak mungkin terjadi dengan sendirinya.Harus melalui kerja keras dan upaya pemerintah yang maksimal, agar partisipasi dan kesadaran masyarakat terus tumbuh.  Maka, semuanya kembali kepada kemampuan kita untuk mengelola kondisi dalam negeri. Jika tidak, 2012 akan menjadi tantangan yang sangat berat.

2012 harus dijadikan tahun kesadaran bangsa Indonesia, untuk tidak hanya sekadar menjadi pasar semata. Tetapi, kita harus memulai proses produksi, agar seluruh masyarakat bisa terlibat di dalamnya. Memasuki 2012 kita harus berani melawan tindakan yang hanya  berorientasi pada soal harga murah semata. Tetapi, bangsa ini harus mendapatkan keuntungan yang bermanfaat bagi seluruh bangsa.

Seperti yang terjadi saat ini, pasar kita dibanjiri produk impor. Mulai dari urusan pangan hingga produk yang paling canggih, semuanya impor. Sehingga, terlihat ekonomi kita tumbuh, namun tidak bermanfaat bagi rakyat banyak.0 edison siahaan

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Selasa, 23 Juni 2020
Senin, 15 Juni 2020
Selasa, 09 Juni 2020
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020