Rabu, 05 April 2023 11:43:20

Work in Silence Jenderal Karyoto di Jakarta

Work in Silence Jenderal Karyoto di Jakarta

Beritabatavia.com - Berita tentang Work in Silence Jenderal Karyoto di Jakarta

Memelihara Kamtibmas hendaknya disertai upaya agar publik percaya kemampuan dan kehebatan yang dimiliki benar adanya. Kapolda ...

Work in Silence Jenderal Karyoto di Jakarta Ist.
Beritabatavia.com - Memelihara Kamtibmas hendaknya disertai upaya agar publik percaya kemampuan dan kehebatan yang dimiliki benar adanya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Karyoto mengaku bukan sosok yang gemar dengan eksposur publik. Lulusan AKPOL 1990 ini lebih senang bekerja dalam kesunyian. "Memang betul, saya ini sebagai kapal selam.Slogan saya adalah work in silence. Kalau bisa, orang lain tidak perlu tahu," kata Irjen Karyoto saat acara pisah sambut dengan Irjen (Pol) Fadil Imran, Senin 3 April 2023.

Menurut Karyoto, karakteristik seperti itu cukup ampuh dalam hal menegakkan hukum. Dengan kerja-kerja yang jauh dari eksposur, Karyoto yakin hasilnya akan lebih efektif. "Karena ternyata di samping kiri dan kanan kita masih ada orang-orang yang melanggar hukum," ujarnya.

Tetapi, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di DKI Jakarta dan sekitarnya, tidak cukup hanya mengandalkan anggota Polda Metro Jaya. Kapolda juga harus berupaya agar masyarakat percaya bahwa kemampuan dan kehebatan yang dimiliki Polri benar adanya. Serta memastikan setiap personil Polda Metro Jaya adalah sosok anggota Polri yang melayani,melindungi dan mengayomi masyarakat.

Kota Jakarta dan sekitarnya bukan hanya pusat pemerintahan, tetapi juga pusat kegiatan politik,ekonomi,sosial,budaya,pertahanan dan keamanan. Serta pintu masuk utama sekaligus menjadi potret wajah Indonesia. Sehingga dibutuhkan situasi dan kondisi kamtibmas yang tetap kondusif. Agar aktivitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kehidupannya, tidak terganggu.

Warga Jakarta yang hetrogen menjadi bagian dari ragam permasalahan yang potensi mengganggu Kamtibmas. Perbedaan latar belakang Agama, budaya hingga status sosial mendorong situasi dan kondisi wilayah Jakarta sangat dinamis.Ditambah dengan aksi tindak kejahatan baik perorangan maupun kelompok serta kesemrautan dan kemacetan lalu lintas maupun kegiatan unjukrasa.

Sementara tugas fokok dan fungsi (Tufoksi) Polri bukan semata mengungkap aksi kejahatan dan tindak pidana korupsi yang dapat dilakukan dengan cara work in silence. Memelihara Kamtibmas Jakarta dengan permasalahan yang sangat kompleks, adalah tanggungjawab Polri.Tentu mewujudkan Kamtibmas agar tetap kondusif, mustahil dilakukan dengan kerja work in silence atau kerja sunyi.

Memelihara Kamtibmas di Jakarta dan sekitarnya seyogianya dipimpin oleh sosok yang berkarakter dan berintegritas, berani, tegas,kaya inovasi dan kreatif namun humanis. Serta mendapat respon positif dari masyarakat,dibuktikan dengan peran serta mereka mewujudkan Kamtibmas. Misalnya lewat kegiatan guyub para ketua RW seluruh DKI Jakarta dan sekitarnya. Atau berbagai kegiatan yang melibatkan warga karena kesadaran bahwa Jakarta adalah rumah bersama.

Rasa aman dan nyaman bagi warga Jakarta bukan semata karena penegakan hukum dan kemampuan serta kehebatan Polisi mengungkap berbagai kasus kejahatan.Atau ketegasan dan keberanian jajaran Polda Metro Jaya memberangus kelompok anarkis dan kelompok penagih hutang yang meresahkan.

Trust publik atau kepercayaan masyarakat kepada Polisi akan efektif mewujudkan kamtibmas yang kondusif. Bahkan warga telah merasa aman dan nyaman meskipun hanya mendengar statemen Kapolda yang disampaikan lewat media massa maupun media sosial. Tentu hal itu akan terwujud apabila warga percaya Kapolda adalah sosok problem solving dan wellcome bagi warganya.  

Polda Metro Jaya harus terus berupaya merebut kepercayaan publik. Serta mendorong agar warga merasa aman dan nyaman kemudian peduli dan ikut berperan menjadi polisi bagi diri sendiri. Maka, Kapolda harus selalu berupaya berada ditengah masyarakat untuk mengetahui dan ikut merasakan kesulitan yang dialami warganya. Kapolda yang memastikan akan mengimplementasikan keinginan masyarakat.

Kapolda yang menyatukan derap langkah seluruh jajarannya untuk memastikan Polisi hadir dan selalu ada saat dibutuhkan. Kapolda yang piawai merangkai narasi pemicu semangat publik untuk ikut berpartisipasi memelihara Kamtibmas. Akan membuat warga Jakarta semakin merasa tenang, aman dan terlindungi.0 edison siahaan

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 26 Januari 2023
Kamis, 29 Desember 2022
Sabtu, 19 November 2022
Rabu, 09 November 2022
Sabtu, 22 Oktober 2022
Minggu, 02 Oktober 2022
Minggu, 02 Oktober 2022
Selasa, 20 September 2022
Senin, 12 September 2022
Kamis, 01 September 2022
Rabu, 10 Agustus 2022
Kamis, 30 Juni 2022