Kamis, 01 Juli 2010 17:05:08

Polisi Anekdot

Polisi Anekdot

Beritabatavia.com - Berita tentang Polisi Anekdot

Polisi tidur saja bikin susah, apalagi kalau bangun.Anekdot itu sering ...

Polisi Anekdot Ist.
Beritabatavia.com - Polisi tidur saja bikin susah, apalagi kalau bangun.

Anekdot itu sering terdengar dalam setiap perbincangan masyarakat. Sebagai ungkapan kekesalan, kekecewaan, bahkan kedongkolan terhadap ulah oknum polisi yang kerap dituding sebagai pencari masalah, usil, terlalu banyak mengatur, serta mempersulit setiap permasalahan dengan tujuan untuk mendapatkan sesuatu melalui kewenangan yang dimilikinya. Lebih ekstrim lagi, polisi dituding susah bila melihat orang lain senang.
Padahal, masyarakat berharap polisi seharusnya melindungi, mengayomi, membuat rasa tenang dan nyaman, serta menjalankan fungsinya sebagai aparat penegak hukum yang profesional dan proporsional sesuai ketentuan yang berlaku. Polisi tidak boleh menggunakan kewenangannya untuk mencari kekayaan, apalagi untuk melakukan tindakan semena-mena.
Polisi itu memang berada pada posisi serba salah. Baik tidak dipuji, salah dicaci maki. Jika miskin dibilang salah sendiri, tapi kalau kaya dicurigai. Banyak PR, tapi sedikit RP. Tantangan berat, tapi sedikit tentengan. Melakukan penegakan hukum secara tegas, dituding melanggar HAM. Begitulah polisi.
Polisi itu memang berat, jasanya tak terhimpun, dosanya tak terampuni. Sementara masyarakat ingin semua persoalan beres, keamanan dan rasa aman tercipta secara instan. Apalagi tuntutan, polisi harus mampu menjadi teman di saat penderitaan dan memahami keinginan masyarakat yang selalu berharap adanya rasa aman dan nyaman.
Itulah makanya polisi itu adalah penjaga kehidupan masyarakat agar bisa menjalankan aktivitasnya dengan aman.
Polisi bekerja untuk kepentingan masyarakat bukan untuk penguasa atau pribadi. Sehingga seorang polisi tidak hanya cukup profesional dan cerdas, namun dituntut agar berhati nurani supaya mendapat legitimasi moral dari masyarakat untuk mendukung legitimasi hukum yang diberikan.
Polisi dilarang menghalalkan segala cara demi mendapatkan kekayaan. Jangan pula jadi polisi hanya untuk status sosial, sehingga bertugas hanya untuk menjalankan perintah.
Polisi tidak boleh masa bodoh dengan lingkungan dan harus sadar bahwa tugas polisi itu sangat berkaitan dengan kemanusiaan. Sehingga perlu tanggung jawab secara hukum maupun moral. Polisi adalah kumpulan orang-orang baik yang dipercaya dan dibiayai masyarakat.
Tindakan polisi harus didasari kepentingan masyarakat sebagai upaya membayar utang kepada masyarakat.
Ungkapan polisi sehat jika masyarakatnya sehat, harus dibalik menjadi polisi akan menyehatkan masyarakatnya. Maka jadilah polisi yang profesional, cerdas, bermoral, berhati nurani, dipercaya, dan taat hukum. Semoga di HUT ke 64 Polri berhasil menyehatkan masyarakat yang sedang sakit. Dirgahayu Bhayangkara. O edison siahaan


Berita Terpopuler
Kamis, 19 November 2020
Berita Lainnya
Selasa, 23 Juni 2020
Senin, 15 Juni 2020
Selasa, 09 Juni 2020
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020