Minggu, 07 September 2014 10:54:09

Simsalabim

Simsalabim

Beritabatavia.com - Berita tentang Simsalabim

Pernyataan Kapolda Metro Jaya Irjen Unggung Cahyono sedikit menambah  rasa aman dan nyaman warga Ibukota Jakarta, meskipun masih membutuhkan ...

Simsalabim Ist.
Beritabatavia.com - Pernyataan Kapolda Metro Jaya Irjen Unggung Cahyono sedikit menambah  rasa aman dan nyaman warga Ibukota Jakarta, meskipun masih membutuhkan proses panjang guna membuktikan pernyataan Kapolda tersebut. Mengingat Jakarta selain ibukota negara, juga menjadi pusat kegiatan politik, ekonomi, pemerintahan dan riuhnya aktivitas masyarakat sehingga potensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.

Kapolda Metro Jaya Irjen Unggung Cahyono berjanji  akan menyelesaikan masalah di ibu kota dengan cara-cara persuasif. Sama halnya saat dia menjabat Kapolda Jawa Timur. Walaupun saya ini dari Brimob. Pendekatan saya tetap simpatik kepada masyarakat. Saya tidak senang dengan kekerasan, saya lebih senang cara yang humanis. Di Jawa Timur juga demikian, saya lebih senang pendekatan yang persuasif, kata Unggung Cahyono usai acara melepas Kapolda sebelumnya Irjen Dwi Priyanto, Jumat (5/9).

Penegasan Kapolda terkait kepemimpinannya akan fokus mewujudkan  kenyamanan masyarakat dan memberikan instruksi kepada seluruh jajarannya untuk mewujudkan rasa aman kepada masyarakat. Kapolda juga melihat permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan seperti kemacetan, menjadi prioritas yang harus segera di tangani secara maksimal. Semoga, pernyataan Kapolda merupakan sebuah jaminan akan terwujudkan kelancaran lalu lintas, rasa aman, nyaman bagi masyarakat ibukota saat melaksanakan aktivitas baik itu di rumah maupun di luar rumah.

Namun, pernyataan Kapolda bukan simsalabin setelah diucapkan langsung terwujud. Tentu, melewati proses, apalagi keinginan itu akan dilaksanakan para stafnya seperti Direktur Lalu Lintas yang membidangi lalu lintas dan Kapolres di wilayah masing-masing.

Sehingga Kapolda harus didampingi para staf pelaksana yang benar-benar memahami permasalahan dibidangnya. Contohnya,  Direktur Lalu Lintas harus seorang perwira menengah (Pamen) yang menyadari tugas dan tanggungjawabnya sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat. Tidak kalah pentingnya adalah Pamen yang  memiliki kemampuan dan pengetahuan dibidang lalu lintas serta mampu melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas di Ibukota Jakarta dan sekitarnya.

Direktur Lalu lintas harus sosok yang rela mengedepankan kepentingan masyarakat khususnya pengguna jalan, bukan hanya kepentingan administrasi atau registrasi dan identifikasi kendaraan semata. Selain itu, juga harus meninggalkan karakter yang dibawa dari latar belakang kesatuan sebelumnya. Sama halnya dengan Kapolda Irjen Unggung Cahyono yang berjanji akan melakukan pendekatan persuasif dan humanis meskipun dirinya berasal dari kesatuan Brimob.

Seyogianya, pernyataan Kapolda itu merupakan warning bagi para Kapolres dan pejabat teras di jajaran Polda Metro Jaya, agar terus mengasah kemampuan dan hati serta fikiran dalam mewujudkan pelayanaan terbaik bagi masyarakat. Kapolres dan para Direktur tidak lagi berfikir hanya untuk kepentingan internal. Tetapi harus membangun sebuah sistim untuk membangun dan meningkatkan kerja sama antar unit dan bagian dengan masyarakat sehingga bersinergi dalam mewujudkan rasa aman, nyaman di lingkungan masing-masing.

Tentu keinginan tersebut akan terwujud apabila Kapolda Irjen Unggung Cahyono secara berkala melakukan evaluasi dan secara luas membuka komunikasi dengan berbagai pihak serta elemen masyarakat. Untuk mendapatkan informasi sekaligus menyerap aspirasi masyarakat dan juga sebagai upaya untuk meminta partisipasi masyarakat  agar menjadi pengawas  eksternal bagi seluruh jajarannya.  Keinginan Kapolda Metro Jaya, tentu akan didukung masyarakat, sebab situasi kondusif dan kelancaran lalu lintas sudah sejak lama menjadi harapan masyarakat ibukota Jakarta. O Edison Siahaan

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020
Sabtu, 18 April 2020
Rabu, 15 April 2020
Jumat, 10 April 2020