Jumat, 20 Maret 2015 08:43:10

Kekuasaan & Penguasaan di Alam Demokrasi

Kekuasaan & Penguasaan di Alam Demokrasi

Beritabatavia.com - Berita tentang Kekuasaan & Penguasaan di Alam Demokrasi

Power tends to corrupt, Power absolutly, Corrupt absolutly. Lord Acton mengingatkan kita semua bahwa kekuasaan dan  kewenangan  yang ...

Kekuasaan & Penguasaan di Alam Demokrasi Ist.
Beritabatavia.com - Power tends to corrupt, Power absolutly, Corrupt absolutly. Lord Acton mengingatkan kita semua bahwa kekuasaan dan  kewenangan  yang terlalu besar, tidak terkontrol, dapat dipstikan bahwa itu adalah kekuasaan yang korup.

Kekuasan dan kewenangan yang sebenarnya adalah merupakan amanah dan tanggungjawab kemanusiaan. Bukan yang bisa diputarbalikan menjadi suatu tirani yang sewenang-wenang apalagi digunakan bukan untuk mensejahterakan tetapi justru menyengsarakan.

Para kaum penggila jabatan dan kekuasaan menghalalkan dengan apa saja asal terpenuhi atau tercapai apa yang diharapkannya. Mereka pandai untuk membuat para pejabat dan penguasa senang. Memiliki banyak jaringan, menguasai sumber-sumber daya yang ada,  mempunyai banyak pengikut setia.
Membangun dinasti dalam birokrasi dan kelompok-kelompok untuk menjaga agar penguasan serta pendistribusian sumber daya, tetap lestari. Mereka juga menciptakan link-link  dengan
media dan menggunakan teknologi untuk menghantam siapa saja yang mengusiknya.
Mereka memang tidak sendiri melainkan ada god fathernya yang bertingkat-tingkat dalam hubungan-hubungan personal dan kepercayaan ala patron-klien.

Jaringan yang dibuat  seperti lingkaran setan. Siapa saja yang terjerumus atau terjebak masuk tidak dapat atau tidak berani keluar. Terutama orang-orang  yang memang dipasang sebagai mandor.
Mereka seperti kerbau dicocok hidungnya, tidak lagi mempunyai daya, nalarnya pun hampir-hampir menguap.Tatkala ada yang berani melawan , mereka dianggap berkhianat dan akan dimatikan hidup dan kehidupanya.Tatkala ada masalah mereka pula yang dikorbankan.

Di alam demokrasi, kekuasaan dan penguasaan adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Artinya, kekuasaan dan penguasaan yang diberikan harus diperuntukkan  bagi peningkatan kualitas hidup serta kesejahteraan rakyat.

Sedikitnya ada lima yang semestinya mengacu prinsip-prinsip demokrasi : 1. Supremasi hukum, 2. Memberikan jaminan dan perlindungan HAM, 3. Transparan dan akuntabel, 4.  Berorientsi pada peningkatan kualitas hidup 5. Adanya pembatasan kewenangan dan pengawasan.

Dan paling penting adalah, bahwa  dalam alam demokrasi kekuasaan dan penguasaan adalah tanggungjawab, amanah dan kepercayaan yang digunakan untuk peningkatan kualitas hidup rakyatnya. O Kombes, DR Chrisnanda Dwi Laksana


Berita Terpopuler
Kamis, 19 November 2020
Berita Lainnya
Selasa, 23 Juni 2020
Senin, 15 Juni 2020
Selasa, 09 Juni 2020
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020