Kamis, 26 Maret 2015 10:31:25

Kheng Chat

Kheng Chat

Beritabatavia.com - Berita tentang Kheng Chat

Bersatu padu memilih yang keliru salah satu cover majalah dengan gambar Sumanto (pemakan mayat manusia) dengan baju jas dan songkok kehormatan karya ...

Kheng Chat Ist.
Beritabatavia.com - Bersatu padu memilih yang keliru salah satu cover majalah dengan gambar Sumanto (pemakan mayat manusia) dengan baju jas dan songkok kehormatan karya Sie Ong Hari Wahyu yang menunjukan suatu kritik bagi masyarakat yang sering tertipu dalam memilih pemimpin atau wakilnya.

Dalam bahasa China ada istilah  kheng chat . Kheng bermakna memilih dan Chat bisa bermakna rampok atau kelompok orang jahat. Kheng Chat dapat dimaknai sebagai memilih rampok. Dalam pewayangan digambarkan juga wayang rampogan, mungkin juga menggambarkan bahwa rampok (dalam bahasa jawa dapat dimaknai penjahat atau pencuri yang kejam dan menguras atau menjarah habis harta kekayaan korbannya).

Apa yang digambarkan Sie Ong Hari Wahyu adalah bersatu padu memilih yang keliru dikaitkan dengan Kheng Chat dapat dimaknai memilih rampok yang makan manusia ? Wow , hiiiiii mengerikan. Tatkala terpilih dan menjadi ndoro bisa-bisa  menunjukan sikap aslinya menjarah dan merampok.

Sikap menakut nakuti yang lebih berat lagi selalu ingin mendapatkan sesutu dengan cara apa saja. Bahkan terkadang meyalah gunakan kewenangan dan kekuasaan Pu cien kuan cay, pu liu lei. Yang bermakna kalau tidak melihat peti matinya tidak keluar air matanya. Ini bisa dianalogikan kalau tidak lihat penjaranya tidak keluar duitnya.

Kewenangan dan kekuasaan bisa digunakan untuk menjarah dan merampok dan hukum dijadikan pedang bermata lima (sisi kanan, sisi kiri, sisi depan, sisi belakang dan handlenyapun tajam juga). Dengan memperlihatkan pasal ancamanya sambil berkata saudara tahu siapa saya dengan gaya preman yang menyebalkan sembari meneriakan saudara bisa saya penjarakan. Maka mau tidak mau ya harus patuh dan taat manut karena takut dan tinggalah para rampogan tadi menjarah habis tanpa pandang bulu segala sumber daya.

Kheng Chat tidak boleh terjadi harus dilawan perlu perjuangan, perlu keberanian dan perlu spirit patriotisme dan kepahlawanan untuk merobohkannya. Semoga semakin banyak jiwa-jiwa patriot yang mampu menegakkan keadilan dan kebenaran yang akan menjadi pelopor dan penggerak kemajuan bagi bangsa dan negara. O CDL

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020
Sabtu, 18 April 2020
Rabu, 15 April 2020
Jumat, 10 April 2020