Minggu, 29 Maret 2015 16:44:28

Salah Tempat

Salah Tempat

Beritabatavia.com - Berita tentang Salah Tempat

Seorang tua berputar putar dihalaman rumahnya memeriksa setiap sudut dengan teliti. Seorang tetangganya bertanya sedang apa pak, nampaknya sibuk ...

Salah Tempat Ist.
Beritabatavia.com - Seorang tua berputar putar dihalaman rumahnya memeriksa setiap sudut dengan teliti. Seorang tetangganya bertanya sedang apa pak, nampaknya sibuk benar ? Saya kehilangan kunci. Di mana kehilanganya ? Di dalam rumah. Mengapa mencari di halaman ? Di sini lebih terang.

Dialog kedua orang yang menjadi tetangga ini menunjukan bahwa ada sebuah upaya yang salah sasaran, salah menempatkan, salah merencanakan. Sehingga membuat semua berantakan dan apa yang menjadi tujuan tidak tercapai karena salah sasaran .

Begitu juga dalam hal apabila salah dalam penempatan atau posisi seseorang, akan potensi menimbulkan kegagalan organisasi atau lembaga maupun instansi dalam mencapai tujuan. Tentu salah satu upaya atau persyaratan untuk menempatkan seseorang agar menduduki posisi yang tepat adalah melalui Assesment.

Assesment dalam konteks pembinaan SDM (sumber daya manusia)dapat dipahami sebagai kegiatan menilai, mengukur,mengamati bahkan menemukan karakter seseorang yang dapat digunakaan untuk menempatkannya pada bidang pekerjaan dan posisi  yang tepat sesuai dengan komptensi dan karakternya. Sehingga kelak mampu bekerja secara maksimal dalam mencapai tujuan institusi. 

Lalu apa yang mesti dinilai dari seorang penyelenggara negara ? Tentu penilaiannya mengacu dari tugas -tugas  pokok yang tertuang dalam SOP (standar operational prosedure) yang dapat dikategorikan dalam bidang,kepemimpinan,administrasi, operasional dan capacity building. Sejalan dengan pemikiran tersebut maka hal-hal mendasar yang perlu di assesment bagi seorang penyelenggara negara adala mencakup aspek:
1. Psikologis
2. Kecerdasan Emosional
3. Kecerdasan intelegensia
4. Kecerdasan sosial
5. Kemampuan kepemimpnan
6. Kemampuan dibidang administrasi
7. Kemampuan di bidang operasional
8. Kemamuanuntk menyelesaikan masalah dalam kondisi-kondisi  tertentu
9. Kemampuan menumbuh kembangkan / memajukan institusi scr visioner
10. Kemampuan mengembankan kreatifitas dan inovasi-inovasinya
11. Kemampuan tugas-tugas  khusus
‎
Program assesment menjadi keharusan bagi institusi yang profesional,cerdas, bermoral dan modern. Hasil assesment ini juga dapat digunakanuntuk memperbaiki,meningkatkan kompetensi dan mengkader bagi generasi yang akan datang. Tidak hanya itu, tetapi harus memiliki nilai-nilai kehormatan di bidang assesment yaitu,  komitmen integritas, kejujuran, dialog dan spirit membangun serta kemampuan untuk menyiapkan personel terbaik bagi institusi. O CDL

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020
Sabtu, 18 April 2020
Rabu, 15 April 2020
Jumat, 10 April 2020