Kamis, 23 April 2015 09:55:00

Kewenangan

Kewenangan

Beritabatavia.com - Berita tentang Kewenangan

Sejatinya, kewenangan adalahkepercayaan yang diberikan kepada seseorang sebagai bentuk tanggungjawab yang harus digunakan untuk kepentingan orang ...

Kewenangan Ist.
Beritabatavia.com - Sejatinya, kewenangan adalahkepercayaan yang diberikan kepada seseorang sebagai bentuk tanggungjawab yang harus digunakan untuk kepentingan orang banyak agar dapat menjadi makmur dan sejahtera.

Kewenangan bukanlah kesewenang wenangan yang dapat digunakan untuk kepentingan pribadi maupun kelompok tertentu saja. Oleh karena itupula, kewenangan harus dibatasi dan diawasi, sebab berpotensi menjadi kesewenang wenangan. Pembatasan dan  pengawasan kerja  dalam masyarakat yang demokratis merupakan bentuk tanggungjawab kepada publik atas kualitas kinerja, dan produk kinerja.

Power tends to corrupt, power absolutly corupt absolutly (lord acton). Kekuasaan/kewenangan yang  sewenang wenang menjadi lahan subur KKN . Korupsi dapat dipahami sebagai tindakan yang menyalahgunakan wewenang untuk kepentingan pribadi/kelompok, yang  kontra produktf dalam masyarakat.

Bentuknya antara lain : 1. Merencanakan sesuatu yang tidak yang semestinya. Direkayasa seolah olah benar (mark up, membuat kegiatan fiktif, membuat laporan palsu dsb).  2. Meminta sesuatu dari masyarakat atas pelayanan publik (pungutan yang tidak sesuai dengan ketentuan, membuat sistem pelayanan yang bertingkat tingkat waktunya /kualitas pelayanannya). 3. Menakutnakuti/membuat informasi yang tidak benar yang mengakibatkan masyarakat takut dan memilih jalan jalan pintas dengan memberi sesuatu. 4. Menjadi backing atas tindakan-tindakan yang illegal. 5.Melakukan tindakan pembiaran atas pelanggaran karena telah mendapat sesuatu dari pelanggar. 6. Bekerja sama dengan pihak lain untuk melakukan tindakan yang kontra produktif / yang berdampak pada terhambat, rusak bahkan matinya produktifitas. 7. Mempermainkan hukum sebagai alat untuk memperoleh sesuatu baik dari tersangka, korban maupun saksi.

Tindakan korupsi  bisa digolongkan sebagai grass eater (sekedar untuk makan dan memenuhi kebutuhan sehari hari) dan meat eater (membangun sistem yang bisa memperkaya pribadi/ kelompoknya sampai 7 turunan +8 tanjakan). Memberantas korupsi salah satunya adalah membangun sistem, edukasi untuk menanamkan kesadaran tanggungjawab dan disiplin. Etika kerja sebagai bentuk moralitas dan  acuan bekerja untuk melakukan apa yang menjadi kewajiban, tugas dan tanggungjawabnya . Tidak melakukan tindakan-tindakan yang kontra produktif atau KKN. Etika kerja ini berlaku di semua lini yang bervariasi sesuai dengan fungsi, bidang/kelompok tugasnya yang mencakup : kepemimpinan, administrasi, operasional dan capacity building. O Kombes DR CDL


Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 12 November 2020
Minggu, 13 September 2020
Senin, 17 Agustus 2020
Kamis, 13 Agustus 2020
Jumat, 31 Juli 2020
Senin, 27 Juli 2020
Minggu, 26 Juli 2020
Jumat, 03 Juli 2020
Senin, 29 Juni 2020
Selasa, 23 Juni 2020
Senin, 15 Juni 2020
Selasa, 09 Juni 2020