Senin, 11 Mei 2015 15:09:37

Jas Merah

Jas Merah

Beritabatavia.com - Berita tentang Jas Merah

Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya untuk Indonesia Raya.. Lirik ini tentu menuntun kita untuk menjadi bangsa yang berjiwa Pancasila, dan memiliki ...

Jas Merah Ist.
Beritabatavia.com - Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya untuk Indonesia Raya.. Lirik ini tentu menuntun kita untuk menjadi bangsa yang berjiwa Pancasila, dan memiliki karakter kuat untuk membangun Indonesia yang sejahtera dan berpengaruh di muka bumi ini.  Terciptanya lagu kebangsaan oleh WR Supratman merupakan tonggak sejarah kemerdekaan sekaligus amanat serta peringatan agar pembangunan jiwa dan mental yang bernapaskan Pancasila harus menjadi prioritas  dalam mewujudkan tujuan Indonesia Merdeka.

Proklamator sekaligus Presiden pertama Indonesia, Soekarno yang populer dengan sebutan Bung Karno mengingatkan sejarah harus dijadikan sebagai landasan setiap gerak dan langkah dalam perjalanan bangsa ke depan.

Dalam pidato Bung Karno yang terakhir pada HUT Kemerdekaan 17 Agsutus 1966 bertajuk Jas Merah (Jangan Sekali Kali melupakan Sejarah) menegaskan bahwa sejarah merupakan proses perjalanan suatu bangsa. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Peristiwa-peristiwa besar menjadi sejarah yang patut dikenang serta juga patut dijadikan pembelajaran.

Kecintaan dan penghargaan atas jasa para pendahulu dan  spirit menumbuh kembangkan apa yang telah dirintis para founding fathers. Pelestarian situs dan dokumen-dokumen , ajaran-ajaran nilai luhur budaya bangsa merupakan karakter bangsa yang menjadi kekuatan dan ketahanan bangsa.

Menghayati nilai-nilai budaya tradisi, atau mengagumi serta melestarikan situs-situs maupun dokumen-deikumen sejarah hampir tidak dianggarkan dan dianggap katrok.  Tak banyak pemimpin yang care, mungkin takut dianggap tidak modis dan diolok olok lagi.Padahal pemanfaatan local genius dan  kearifan lokal menjadi bagian penting dalam memperkokoh kesatuan dan persatuan bangsa.

Ungkapan Bung Karno tentang Jas Merah, kini menjadi tantangan serius bagi bangsa Indonesia. Ketahanan akan pengaruh global, kemajuan teknologi tanpa sadar sebenarnya juga menggerus ketahanan nasional. Lihat saja, betapa banyak penggunaan produk-produk asing, kebanggaan-kebanggaan akan budaya asing meskipun bertentangan dengan nilai-nilai luhur pancasila. Semua itu dapat kita saksikan dengan mata telanjang dalam setiap aktivitas masyarakat di negeri ini. O Kombes DR CDL/son


Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Selasa, 23 Juni 2020
Senin, 15 Juni 2020
Selasa, 09 Juni 2020
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020