Selasa, 30 Juni 2015 13:49:43

Polisi Penjaga Kehidupan

Polisi Penjaga Kehidupan

Beritabatavia.com - Berita tentang Polisi Penjaga Kehidupan

Tepatnya 1 Juli 2015 Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) genap berusia 69 tahun. Meski bukan lagi usia muda, namun Polri masih terus dalam ...

Polisi Penjaga Kehidupan Ist.
Beritabatavia.com - Tepatnya 1 Juli 2015 Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) genap berusia 69 tahun. Meski bukan lagi usia muda, namun Polri masih terus dalam tahap proses pendewasaan, bukan hanya teknologinya dan sarana prasarana lainnya. Tetapi pembangunan sikap dan perilaku personilnya seharusnya juga menjadi perhatian serius para pimpinan Polri.

Menjadi polisi semestinya sebagai jalan hidup yang dihayati sebagai panggilan jiwa dalam refleksi kehidupannya dalam profesi kepolisian. Keberadaan Polisi dalam masyarakat karena adanya kebutuhan pelayanan kepolisian untuk menangani masalah sosial, keteraturan sosial, moral dalam masyarakat, hukum dan keadilan serta penanganan serta pencegahan kejahatan. Tugas pokok polisi sebagai pelindung, pengayom, pelayan dan penegak hukum yang mampu sebagai penjaga kehidupan, pembangun peradaban dan pejuang kemanusiaan.

Menjadi polisi tatkala sebagai pilihan pekerjaan, bisa jadi hakekat sebagai polisi bisa tidak diketemukan atau bahkan memungkinkan kewenangannya disalahgunakan. Pekerjaan_pekerjaan polisi membutuhkan pemikiran, kepekaan, kepedulian yang menjadi kebiasaan dengan hati nurani yang baik. Polisi sebagai penjaga kehidupan merupakan cerminan upaya-upaya polisi menjadi co produser dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang kontra produktif atau tidak bermain pada hal-hal yang ilegal.

Polisi pembangun peradaban dapat ditunjukan sebagai penegak hukum dan keadilan, hukum sebagai simbol peradaban dalam memanusiakan manusia. Polisi sebagai pejuang kemanusiaan menunjukan polisi bertugas mengangkat harkat dan martabat manusia melalui tugas-tugas kemanusiaanya.

Sejalan dengan konsep dan pemikiran di atas tugas polisi untuk mewujudkan dan memelihara keamanan serta rasa aman, terwujudnya keteraturan sosial, terbangunnya budaya tertib hukum,  merupakan panggilan hidup bukan sebatas pilihan pekerjaan.

Petugas polisi adalah para petugas yang dengan penuh kesadaran mencintai dan bangga akan kemanusiaan, keadilan serta perjuangan-perjuangannya. Sebab polisi adalah kumpulan orang baik yang bertugas dan bertanggungjawab sebagai penjaga kehidupan.  Selamat Hari Bhayangkara ke 69. O Kombes DR CDL


Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 12 November 2020
Minggu, 13 September 2020
Senin, 17 Agustus 2020
Kamis, 13 Agustus 2020
Jumat, 31 Juli 2020
Senin, 27 Juli 2020
Minggu, 26 Juli 2020
Jumat, 03 Juli 2020
Senin, 29 Juni 2020
Selasa, 23 Juni 2020
Senin, 15 Juni 2020
Selasa, 09 Juni 2020