Kamis, 13 Agustus 2015 09:30:53

Makna Kemerdekaan

Makna Kemerdekaan

Beritabatavia.com - Berita tentang Makna Kemerdekaan

Merdeka bagi suatu bangsa merupakan suatu kebebasan, bebas berdaulat, terlepas dari penjajahan dan bebas menentukan nasib bangsa itu sendiri. ...

Makna Kemerdekaan Ist.
Beritabatavia.com - Merdeka bagi suatu bangsa merupakan suatu kebebasan, bebas berdaulat, terlepas dari penjajahan dan bebas menentukan nasib bangsa itu sendiri.

Tatkala bebas dari penjajahan, bebas berdaulat menjadi suatu negara tentu tidak saja bisa bebas begitu saja, karena akan banyak tantangan yang dihadapi terutama menghadapi permasalahan-permasalahan bangsanya sendiri.

Bung Karno mengingatkan bahwa perjuangan generasi penerus akan lebih berat dibanding perjuangan-perjuangan pendahulunya, karena akan menghadpi tantangan dari bangsanya sendiri.

Memasuki usia ke 70 tahun kemerdekaan Indonesia. Kita semua sekarang melihat apa yang telah, sedang dan yang akan terjadi, begitu besar, begitu kompleks masalah yang dihadapi, antara lain kemiskinan, keterbelakangan, ketertinggalan, kebodohan, korupsi, dan banyak hal yang menghambat bangsa ini maju dan menjadi besar.

Rong-rongan dari dalam begitu besar, penguasaan sumber daya oleh mafia-mafia, dan kroni-kroninya sehingga aset yang ada tandas, kering kerontang dinikmati segilintir orang, atau kelompok saja. Ketertinggalan akibat konflik-konflik yang berkepanjangan dan sistem-sistem feodal yang masih dilestarikan oleh kaum mapan dan kaum nyaman.

Akibat beragamnya permasalahan-permasalahan internal bangsa ini, sehingga menuai pertanyaan, sudahkah kita  merdeka? Sementara kemampuan mengatasi masalah-masalah internal bangsa merupakan salah satu tolok ukur kemerdekaan sebuah bangsa.

Memang berat bagi kita tatkala tanpa kesadaran dan kepedulian membangun bangsa ini menjadi bangsa yang diperhitungkan oleh bangsa-bangsa di dunia.

Integritas, kompetensi serta kesadaran dan kepudulian seluruh rakyat Indonesia saat ini pun menjadi sebuah kondisi yang menuai pertanyaan.

Adakah kepedulian dan kesadaran pemimpin, ataupun dari segenap aparaturnya sudah dapat dikatakan mampu menjadi pionir untuk memerdekakan rakyatnya dari candu dan belenggu korupsi ?
 
Apakah sistem-sistem yang dibangun untuk menjadikan bangsanya unggul, cerdas dan sejahtera ?

Selain itu,  masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan untuk dimaknai dan diperjuangkan dalam upaya pemerdekaan bagi bangsa dan negara ini pasca kemerdekaan.

Seluruh rakyat Indonesia, terutama para pemimpin hendaknya memaknai bahwa, keberhasilan mengangkat harkat dan martabat manusia menjadi sebuah kemerdekaan dalam peradaban yang modern dan demokratis. O Kombes DR CdL

Berita Terpopuler
Minggu, 13 September 2020
Berita Lainnya
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020
Sabtu, 18 April 2020
Rabu, 15 April 2020
Jumat, 10 April 2020