Minggu, 06 September 2015 10:57:27

Hukum Untuk Kebenaran & Keadilan

Hukum Untuk Kebenaran & Keadilan

Beritabatavia.com - Berita tentang Hukum Untuk Kebenaran & Keadilan

Hukum dengan simbol dewi keadilan dibuat untuk menata, melindungi, mengangkat harkat dan martabat manusia, pendekatanya adalah kebenaran, keadilan. ...

Hukum Untuk Kebenaran & Keadilan Ist.
Beritabatavia.com - Hukum dengan simbol dewi keadilan dibuat untuk menata, melindungi, mengangkat harkat dan martabat manusia, pendekatanya adalah kebenaran, keadilan. Tatkala hukum ditegakkan dengan pendekatan keadilan maka hukum akan berwibawa dan mampu membangun peradaban. Sebaliknya tatkala hukum menjadi alat kekuasaan, dan untuk kepentingan-kepentingan pribadi maupun kelompok tertentu maka hukum jauh dari keadilan dan menjadi sumber kebiadaban.

Hukum ditangan penguasa dan penegak hukum harus ditegakkan untuk kebenaran dan keadilan. Apabila hukum berada pada tangan yang bertabiat buruk maka hukum akan kontraproduktif dan tidak lagi manusiawi. Jika hukum menjadi alat bargaining atau tawar menawar maka akan  menjatuhkan wibawa aparatur penyelenggara negara, eksekutif, yudikatif maupun legislatif.

Hukum yang tebang pilih dan  tidak berani tebang habis, karena tajam ke bawah tumpul ke samping dan ke atas. Akan menjadikan  hukum bukan untuk ditaati melainkan untuk dilanggar. Tatkala hukum kehilangan kewibawaanya maka ketidakpercayaan akan merebak dan kebenaran akan sirna dan keadilan tergantung diawan.

Memang, sesuatu yang benar dalam implementasinya harus memerlukan pertimbangan-pertimbangan, agar terwujud keadilan dan kebenaran yang tepat.

Sebab, benar belum tentu diyakini kebenarannya. Sebaliknya , hal yang keliru tatkala diyakini sebagai kebenaran akan dibenarkan. Bahkan benar secara fakta, dapat dihapus dengan ilusi yang dibangun lewat media karena sesuatu kepentingan atau untuk mendapatkan sesuatu.

Karena itu, menyatakan kebenaran memerlukan power untuk mendapatkan pengakuan supaya dikatakan benar. Sebab menyatakan sesuatu yang benar tetapi mengganggu kelompok-kelompok status quo dan  kaum comfort zone, bisa-bisa malah dimatikan. Mereka selalu berusaha agar sesuatu yang salah bisa dibenarkan dan diterima sebagai kebenaran.

Kekuatan massa, kekuatan politik,kekuatan ekonomi, kekuatan sosial diperlukan untuk mendukung sesuatu yang benar untuk diyakini menjadi sebuah kebenaran. Tidak hanya itu, uang juga bisa menjadi pilihan bagi pembenaran dan membenarkan serta meyakinkan sesuatu agar menjadi benar..

Karena, untuk menyatakan sesuatau yang benar bukan perkara mudah dan memerlukan perjuangan yang panjang dan  berliku serta melelahkan. Bisa jadi kebenaran tidak akan terwujud karena terus ditolak dan dibully sampai disalah-salahkan.

Tetapi, meskipun langit runtuh, hukum harus ditegakkan dengan cara yang benar,  agar keadilan dan kebenaran hidup ditengah kehidupan masyarakat. Tidak dapat dipungkiri, kebenaran adalah kebenaran dan suatu ketika akan terungkap atau dinyatakan dan diyakini sebagai sesuatu yang benar. Walaupun yang menyatakan sudah menjadi abu,pasti tetap ada yang meneruskan dan menyuarakan sampai kebenaran itu terwujud, diterima dan diyakini.O Kombes DR CdL
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020
Sabtu, 18 April 2020
Rabu, 15 April 2020
Jumat, 10 April 2020