Minggu, 06 Desember 2015 12:14:48

Pemberi Ijin

Pemberi Ijin

Beritabatavia.com - Berita tentang Pemberi Ijin

Memberikan ijin bermakna memberikan legitimasi atas penyelenggaraan sesuatu. Dengan demikian pemberian ijin ini harus lebih melalui proses verifikasi ...

Pemberi Ijin Ist.
Beritabatavia.com - Memberikan ijin bermakna memberikan legitimasi atas penyelenggaraan sesuatu. Dengan demikian pemberian ijin ini harus lebih melalui proses verifikasi dan pengujian atas sesuatu yang berkaitan dengan administrasi, hukum bahkan secara moral sekalipun.

Pemberian ijin pun telah mempertimbangkan dampak-dampak masalah sosial, hukum, ekonomi danlingkungan juga aspek-aspek lain yang relevan. Dengan demikian memberikan ijin akan berkaitan dengan data base, surveidan verifikasi (administrasi + lapangan), analisa untuk memprediksi atau memberikan solusi bila terjadi sesuatu. Memberikan ijin ini memerlukan proses sehingga berbagai sistem maupun pemangku kepentingan yang terkait akan dapat menjadi satu tim untuk saling melengkapi.

Memberikan ijin, apakah juga ikut bertanggung jawab atas ijin yang diberikan ? Tentu saja wajib untuk ikut bertanggungjawab sesuai dengan porsi maupun kewenangannya. Selama sesuai dengan proses dan ketentuan-ketentuan yang berlaku baik secara administrasi maupun operasionalnya serta dampak-dampaknya sudah dilakukan maka pertanggungjawabannya atas pemberian ijin sudah dapat dipertanggungjawabkan. Sebagai contoh, pemberiaan ijin untuk mengemudi atau SIM, selama standar-standar prosesnya dilakukan secara baik dan benar mulai dari. edukasi, administrasi, kesehatan, psikologi,penyadaran, teori, simulator maupun praktek, sudah dilaksanakan dan dapat dipertanggungjawabkan maka yang bersangkutan bertanggungjawab penuh takala terjadi sesuatu.

Pada prinsipnya semua proses pemberian ijin adalah sama atau dapat dikategorikan melalui tahapan standardisasi yang telah ditentukan. Dan pemberian ijin tersebut dapat dikategorikan:
1.Diijinkan penuh karena memiliki standar-standar ketentuan yang berlaku dan diberi beban tanggungjawab bila terjadi sesuatu.
2.Diijinkan dengan memenuhi syarat-syarat tertentu, karena masih memerlukan pengawasan, pendampingan, ijin ini bisa juga sebagai percobaan.
3.Tidak diberikan ijin karena ada sesuatu hal yang tidak memenuhi standar atau persyaratan-persyaratan dan dapat menimbukan dampak luas yang merusak tatanan dan lingkungan.

Pemberian ijin sudah saatnya dibangun dalam sistem tim terpadu, dilakukan analisa secara makrodan mikro. Dan terpenting, menggunakan ilmu pengetahuan teknologi tentu tidak menjadi alat untuk melakukan praktik korupsi. O Kombes DR CdL

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020
Sabtu, 18 April 2020
Rabu, 15 April 2020
Jumat, 10 April 2020