Minggu, 14 Februari 2016 16:02:47

Pelayanan & Pemalakan

Pelayanan & Pemalakan

Beritabatavia.com - Berita tentang Pelayanan & Pemalakan

Kualitas pelayanan di sejumlah kantor instansi pemerintah khususnya terkait dengan perijinan, masih diwarnai beragam keluhan dari masyarakat. Selain ...

Pelayanan & Pemalakan Ist.
Beritabatavia.com - Kualitas pelayanan di sejumlah kantor instansi pemerintah khususnya terkait dengan perijinan, masih diwarnai beragam keluhan dari masyarakat. Selain masih buruknya kualitas pelayanan, kantor-kantor pelayanan juga kerab dijadikan ajang pemalakan. Padahal, perijinan yang dipercayakan kepada penguasa adalah untuk memberikan pelayanan keamanan, keselamatan, keindahan,sekaligus merupakan bentuk edukasi kepada masyarakat.

Perijinan ini merupakan bagian fungsi kontrol sebagai penataan, penjagaan, pelestarian baik bagi manusia, flora, fauna dan habitatnya, infrastruktur dan sistem-sistem pendukungnya sehingga ada keharmonisan dan keteraturan sosial yang menyentuh pemikiran, perasaan dan kehidupan.

Perijinan bukan semata-mata menentukan tarif dan memberikan ijin atas pembayaran tarif yang ditentukan atau disepakati bersama (bila tidak sesuai dengan ketentuan). Perijinan tatkala dijadikan ajang transaksi, semata mata menjadi lisensi jual beli saja, maka keteraturan sosial akan rusak akibatnya.

Tatkala kita bertanya apa guna petugas bagian perijinan bagi terwujud dan terpeliharanya keteraturan sosial? Adakah pencerahan, perlindungan yang diberikan ? Perijinan ini sering dikritik dan menjadi issu.Namun lagi-lagi karena banyak kepentingan dan selalu ada bargaining power (dipolitisasi), maka lagi-lagi perijinan akan terusĀ  menjadi kepanjangan ndoro-ndro untuk menjadi penyedot sumber daya.

Perijinan ini semestinya ketat dan penuh dengan standar-standar bagi keteraturan sosial dan upaya-upaya peningkatan kualitas hidup. Dan bagi orang, yang akan meminta perijinan akan mendapat pencerahan tatkala mampu dan setelah melampaui stadar-standar yang telah ditentukan.

Namun tatkala perijinan malah dijadikan sarana pemalakan maka sebenarnya ini hanya memperbodoh dengan segala aturan yang tidak masuk akal dan mempersulit serta tiada dampak manfaat positif. Apa yang menjadi tujuan utama perijinan akan menjadi bumerang atau bahkan menjadi sesuatu yang terbalik-balik sehingga perijinan demi benefit kelompok-kelompok tertentu yang tidak mencerahkan dan terkesan menyusahkan serta hanya menjadi ajang palak memalak dan adu kekuatan antara aparat dengan rakyatnya. O Kombes DR CdL

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020
Sabtu, 18 April 2020
Rabu, 15 April 2020
Jumat, 10 April 2020