Jumat, 19 Februari 2016 11:02:32

Akuntabilitas di Era Digital

Akuntabilitas di Era Digital

Beritabatavia.com - Berita tentang Akuntabilitas di Era Digital

Tidak dapat dipungkiri bahkan dihindari dalam era teknologi informasi yang terus berkembang dan semakin canggih, harus dimanfaatkan semua pihak ...

Akuntabilitas di Era Digital Ist.
Beritabatavia.com - Tidak dapat dipungkiri bahkan dihindari dalam era teknologi informasi yang terus berkembang dan semakin canggih, harus dimanfaatkan semua pihak termasuk birokrasi dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.Bahkan era era digital sinergitas, sistem kontrol dan akuntabilitasnya harus merupakan suatu keunggulan dan kebanggaan yang dibangun secara on line (terhubung).

Sinergitas mencerminkan keterpaduan dan kemampuan menangani dan menyelesaikan berbagai masalah dengan holistik dan sistemik dalam memberikan pelayanan prima kepada publik, pemecahan masalah dan upaya-upaya pencegahan, peningkatan kualitas, perbaikan-perbaikan bahkan pembangunan-pembangunan.

Sinergitas antar pemangku kepentingan bukan lagi sinergis manual melainkan sinergitas dalam sistem-sistem online yang saling terhubung dan mampu menampilkan program-program pelayanan prima, problem solving dan berbagai solusi cerdas lainya.

Di era digital yang  menjadi tuntutan, harapan dan unggulan adalah sistem kontrol. Selama sistem kontrol ini lemah dan terus menerus berkembang peluang-peluang penyimpangan maka akan banyak tindakan-tindakan penyalahgunaan wewenang, tindakan-tindakan diskresinya akan menjadi korupsi. Setiap program -program  kegiatan yang disampaikan semestinya mampu menunjukan sistem kontrol yang unggul, tatkala sistem kontrol tidak online dan masih parsial konvensional dapat dipastikan KKN mash subur tumbuh dan berkembang. Pola-pola seremonial, yang penuh dengan kepurapuraan (pseudo) akan terus berkembang dan diunggulkan. Reformasi birokrasi setengah hati, revolusi mental ya sebatas lips service belaka.

Akuntabilitas di era digital menjadi suatu standar penilaian bahkan kebanggaan. Tatkala penggunaan kewenangan, anggaran negara walau dengan segala keterbatasnya bisa dipertanggungjawbkan secara administrasi, hukum, sosial bahkan moral sekalipun. Akuntabilitas menjadi standar profesionalisme suatu birokrasi dalam penyelenggaraan tugasnya yang merefleksikan adanya kepemimpinan yang baik, administrasi dan operasional yang unggul. Selain itu juga senantiasa ada kreatifitas dan  inovasi-inovasi sebagai penguatan atau capacity building dalam birokrasi. Kombes DR CdL


Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020
Sabtu, 18 April 2020
Rabu, 15 April 2020
Jumat, 10 April 2020