Kamis, 03 Maret 2016 14:08:01

Dagelan Keadilan

Dagelan Keadilan

Beritabatavia.com - Berita tentang Dagelan Keadilan

Tatkala keadilan yang dipaksakan, atau atas dasar perintah,ditawarkan,atau menjadi ajang tawar menawar maka roh dari keadilan itu akah hilang. ...

Dagelan Keadilan Ist.
Beritabatavia.com - Tatkala keadilan yang dipaksakan, atau atas dasar perintah,ditawarkan,atau menjadi ajang tawar menawar maka roh dari keadilan itu akah hilang. Keadilan menjadi suatu dagelan yang menunjukan sebagai komuditi politik, demi ini itu, saling ancam mengancam, bisa tawar menawar, bahkan bisa dipesan.

Format keadilan bisa menjadi selera siapa yang kuat, siapa yang memiliki power, kekuasaan, mendominasi sumber daya dan, siapa saja yang mampu memenuhi persyaratan yang telah terstruktur serta ada dalam format-format yang tersistematisir akan dapat memesan bahkan memili keadilan sesuai selera.

Hukum bagai ramuan resep yang bisa ditukar-tukar atau ditambal sulam. Para penegak hukum bagai koki yang sudah terkontaminasi dan seperti wayang saja manut dalangnya. Hukum menjadi suatu kitab untuk pajangan dan alat menakut-nakuti bagi yang lemah.

Sebaliknya bagi yang kuat hukum bagaikan keset tempat membersihkan alas kaki saja atau sebagai alat menghajar musuh-musuhnya. Keadilan memang bukan milik semua orang dan tidak  seperti yang diamanatkan dalam Pancasila. Para koki tadi seakan malah menikmati dan justru menimpali bahkan mengambil kesempatan  untuk menjadi aktor dagelan keadilan.

Keadilan sulit untuk diperjuangkan, namun bisa dipilih dan ditawarkan sebagai ajang politik, bisnis maupun pemenuh kepentingan. Siapa yang mampu masuk dalam lingkaran sistem itu akan menjadi penguasa karena diberi kepercayaan walau sebenarnya tanpa kompetensi. Ia pun tidak paham menjabarkanya dalam  tindakan-tindakan atau cara-cara bertindak baik secara administrasi maupun Operasional serta capacity building. Selama dalam birokrasi patrimonial maka keadilan akan menjadi dagelan yang tentu saja tdak akan mewujudkan keadilan. Kombes DR CdL


Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 29 Desember 2022
Sabtu, 19 November 2022
Rabu, 09 November 2022
Sabtu, 22 Oktober 2022
Minggu, 02 Oktober 2022
Minggu, 02 Oktober 2022
Selasa, 20 September 2022
Senin, 12 September 2022
Kamis, 01 September 2022
Rabu, 10 Agustus 2022
Kamis, 30 Juni 2022
Jumat, 10 Juni 2022